Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Buruh - mencoba salurkan kebaikan

Sapa: ruangberbagikompasiana@gmail.com Artikel berhak cipta. Literasi untuk donasi bagi yang memerlukan. Terima kasih atas apresiasi dan kunjungan Anda.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kritik Terbuka untuk Rapat PSSI yang Buat Shin Tae-yong Tersinggung

16 Januari 2022   16:55 Diperbarui: 17 Januari 2022   00:44 1114 28 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kritik terbuka untuk rapat kritik PSSI untuk Shin Tae-yong - dok PSSI

Belum lama ini pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tersinggung setelah menerima kritik dari peserta rapat evaluasi bersama PSSI.

Adalah seorang anggota Exco PSSI yang mengemukakan peristiwa ini saat ia berbagi kisah dalam Podcast JPNN. Menurut dia, rapat evaluasi itu memang lama karena banyak materi yang dibahas. 

Sang Exco PSSI membeberkan, suasana rapat sontak berubah ketika Shin Tae Yong merasa tersinggung karena dikritik oleh peserta rapat evaluasi. 

Situasi rapat dan agenda Shin Tae-yong juga tidak kondusif karena Shin Tae Yong harus bersiap mengejar pesawat ke Bali. Akibat terjadinya kebuntuan atau deadlock, pertemuan evaluasi PSSI untuk Shin Tae-yong itu ditunda hingga beberapa hari mendatang kala STY lebih punya waktu longgar.

Kritik untuk Kritik PSSI yang buat Shin Tae-yong tersinggung

Dari kronologi yang dijelaskan di atas, tampak bahwa rapat evaluasi itu tidak efektif dan tidak efisien. Dalam satu pertemuan, ada terlalu banyak hal yang ingin dibahas. 

Padahal, waktu rapat mepet sekali dengan jadwal penerbangan Shin Tae-yong ke Bali dalam rangka memantau calon pemain untuk ajang berikutnya, antara lain pertandingan persahabatan dalam FIFA Matchday.

Jika kita ingat, sebenarnya PSSI punya cukup waktu untuk menyiapkan rapat ini. Bukankah Shin Tae-yong dan para pemain Timnas Indonesia sebelumnya sudah menjalani karantina berhari-hari setelah berlaga di AFF Cup di Singapura?

Para anggota rapat seharusnya sudah bisa menyusun masukan-masukan yang tinggal dirangkum untuk disampaikan pada Shin Tae-yong. Seorang juru bicara bisa menyampaikan setelah menyimak aneka usulan anggota rapat. Sangat sederhana, bukan?

Rapat-rapat mahasiswa dan pelajar pun sudah mengadopsi rapat yang efektif dan efisien ini. Tidak perlu setiap peserta rapat mengemukakan pendapat saat rapat. Justru persiapan sebelum rapat itu penting dilakukan untuk merangkum agar rapat tidak kelamaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan