Mohon tunggu...
Bobby
Bobby Mohon Tunggu... -

Keberagaman adalah anugerah terindah bagi Indonesia. ruangberbagi@yandex.com Artikel hanya ditulis untuk Kompasiana. Dilarang memuat ulang untuk kepentingan komersial.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Saya Senang Menertawakan Nama Marga yang Satu Ini

20 Mei 2020   05:55 Diperbarui: 20 Mei 2020   05:58 1023 47 26 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Saya Senang Menertawakan Nama Marga yang Satu Ini
Ilustrasi tertawa - pixabay.com/stocksnap

Nama orang adalah bagian integral dari identitas diri yang sangat patut dihormati. Demikian pula dengan nama marga. Kebetulan, saya beruntung memiliki nama marga yang unik dan belum banyak dikenal sehingga sering menjadikan orang penasaran, bingung, dan keliru. 

Akan tetapi, alih-alih marah, saya justru senang menertawakan nama marga yang satu ini. Tentu nama marga saya sendiri. Mengapa?

Suku Nggak Jelas

Kalau orang bertanya, saya suku apa, saya jawab, "Saya suku nggak jelas". Mengapa? Ibu saya orang Jawa tulen. Kakek-nenek dari pihak Ibu tiyang Jawi asli.

Tetapi karena tugas negara sebagai tentara, keluarga kakek-nenek (sudah wafat keduanya) pindah ke Kepulauan Riau. Karena itu, ibu saya tidak lancar basa Jawi krama inggil atau bahasa Jawa halus. Bisa dibayangkan betapa kasarnya bahasa Jawa halus saya. Saya belajar bahasa halus ini justru di luar lingkup keluarga.

Di rumah, kami bercakap dengan bahasa Indonesia. Maklum, ayah saya bukan orang Jawa. Suku ayah saya juga nggak jelas. Mengapa? Nenek buyut saya konon bernama -seingat saya- Cha Kim Cho Nio (benar tidak ya tulisannya?). Bisa ditebak, seorang Tionghoa. Sementara almarhum kakek saya (dari pihak ayah) bernama marga Timmerman. 

Anda pernah dengar nama marga ini? Saya tebak, belum pernah. Jika Anda berasal dari daerah sekitar Manado, Sulawesi Utara, mungkin pernah mendengar nama marga ini. Sila ketik di mesin peramban kata Timmerman. Akan muncul nama-nama londo atau Belanda.

Ya, memang demikian sejarahnya. Timmerman adalah kata bahasa Belanda yang berarti "tukang kayu". Varian nama marga ini ada beberapa: Timmerman dan Timmermans.

Jadi nama keren Timmerman itu sebenarnya aslinya cukup ndeso di Belanda sana. Bobby Timmerman ya artinya Bobby Tukang Kayu. Gak ada keren-kerennya sama sekali, terutama bagi orang (keturunan) Belanda sendiri :)

Coba Anda perhatikan nama-nama marga Inggris. Ada yang kelihatan keren, tapi sebenarnya konyol kalau diterjemahkan. Ada pemain bola namanya Danny Drinkwater. Artinya Danny Minum Air:) 

Ada juga nama marga Italia yang kedengaran jos. Andrea Gelato. Terjemahannya Andrea Es Krim. Ada juga Tommaso Ammazaorso. Artinya Tommaso Pembunuh Beruang. Serem...!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN