Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Berbagi itu indah

http://bit.ly/artikelutamakompasiana Sapa: ruangberbagi@yandex.com Dilarang menjiplak, juga dengan cantumkan link ke akun Kompasiana ini untuk blog/situs komersial (ber-adsense). Yang boleh adalah fair use (edukasi dan tanggapan terhadap tulisan).

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

WNI Positif Corona dan Gugurnya Mitos Orang Indonesia Kebal Corona

18 Februari 2020   15:44 Diperbarui: 1 Maret 2020   01:23 25161 27 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
WNI Positif Corona dan Gugurnya Mitos Orang Indonesia Kebal Corona
Menteri Retno-kompas.com/Ahmad Nasrudin

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi baru saja menyatakan bahwa tiga dari 78 kru WNI di kapal pesiar Diamond Princess, di Perairan Yokohama, positif terkena virus corona

Sampai hari ini, sebelum pernyataan resmi menteri luar negeri kita, beredar luas mitos dan hoaks bahwa orang Indonesia kebal korona

Argumen yang dikemukakan dalam mitos dan hoaks itu, antara lain bahwa orang Indonesia sudah biasa dengan makanan ekstrem dan makanan tidak sehat sehingga tubuh sudah kebal dari kecil.

Kadang, mitos dan hoaks orang Indonesia kebal virus corona covid-19 dikaitkan dengan kebiasaan orang Indonesia memakan makanan pedas sehingga virus corona tak akan tahan berada dalam tubuh warga plus 62.

Kesombongan Sia-Sia

Komentar-komentar setengah atau bahkan sama sekali bukan ilmiah dari pejabat dan praktisi kesehatan (!) justru menampakkan kesombongan bahwa Indonesia akan terus aman dari wabah corona covid-19.

Baru-baru ini, pejabat tertinggi bidang kesehatan di negeri kita berkomentar bahwa orang Indonesia memiliki imunitas yang baik dan berkat doa, semua akan "baik-baik saja".

Tentu saja, kita meyakini kuasa Tuhan YME dalam melindungi kita. Akan tetapi, berhadapan dengan wabah corona covid-19 yang amat mudah menular, hendaknya logika ilmiah dan pertimbangan medis yang kita kedepankan.

Tuhan YME memberikan akal sehat kepada kita untuk kita gunakan dalam hidup. Terlalu mengandalkan doa tanpa berusaha nyata dalam mencegah wabah corona adalah tindakan kurang bijaksana.

Belum lama ini, direktur RS yang menangani pasien korona di Wuhan meninggal dunia akibat corona. Hendaknya kita ingat, dokter dan tenaga medis pun meninggal karena terjangkit corona covid-19. Orang yang sehat dan berpengetahuan medis pun bisa jadi korban corona, apalagi warga biasa yang kurang sadar menjaga kesehatan. 

Kesombongan yang tercermin dalam ungkapan "orang Indonesia kuat dan kebal corona" hanya akan membawa kita ke dalam situasi pahit. Dengan fakta bahwa tiga WNI kru kapal pesiar positif corona, mitos dan hoaks seputar kekebalan orang Indonesia terhadap covid-19 runtuh seketika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x