Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Keberagaman adalah anugerah terbaik bagi Indonesia

ruangberbagi@yandex.com. Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial. Hak cipta dilindungi UU.

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Jilbab, Mantilla, Kerudung Suster, dan Aneka Variasinya

22 Juni 2019   09:19 Diperbarui: 22 Juni 2019   09:28 2563 8 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jilbab, Mantilla, Kerudung Suster, dan Aneka Variasinya
Kolase foto Instagram @apabedanya.com dan @riantic

Apa yang menyatukan jilbab, mantilla, dan kerudung suster? Ada tiga hal: a) Ketiganya berfungsi sebagai tudung kepala, b) Ketiganya dipakai oleh wanita, c) Ketiga jenis tudung kepala wanita ini bukan sekadar aksesoris pemanis, tapi dapat juga bermakna sebagai ungkapan religius pemakainya.

Jilbab dan Aneka "Variasinya" dalam Tradisi (Negara-Negara) Islam

Pertama-tama, saya bukan pemeluk agama Islam dan bukan pula peneliti agama Islam. Saya mohon maaf bila ada kekeliruan dalam penyampaian saya. Pembaca budiman saya mohon memberi masukan bagi penyempurnaan artikel sederhana ini. 

Tujuan saya ialah sekadar memberi panorama umum variasi kerudung kepala yang dikenakan wanita dalam dunia Islam dan lingkup Kristianitas (terutama Katolik).

Menurut KBBI, Jilbab adalah "kerudung lebar yang dipakai wanita muslim untuk menutupi kepala dan leher sampai dada". 

Fedwa El Guindi dalam "Jilbab: Antara Kesalehan, Kesopanan, dan Perlawanan" menjelaskan bahwa jilbab merupakan bentuk jamak dari jalaabiib yang artinya pakaian yang luas. 

Artinya adalah pakaian yang lapang dan dapat menutupi aurat wanita kecuali muka dan telapak tangan hingga pergelangan tangan saja yang ditampakkan. 

{Catatan saya, sila rekan-rekan yang menganut dan memahami ajaran Islam mengenai batasan aurat menuliskan informasi yang lebih rinci, entah dalam komentar atau dalam tulisan tersendiri.}

Al-Biqa'i (dalam Thohari, 2011) menyebutkan beberapa arti dari kata jilbab yaitu baju yang longgar atau kerudung penutup kepala wanita, atau pakaian yang menutupi baju dan kerudung yang dipakainya, atau semua pakaian yang menutupi badan wanita.

Menariknya, di negara-negara dengan mayoritas pemeluk agama Islam, ada sejumlah "variasi" baju dan penutup kepala wanita. Kata variasi saya beri tanda kutip karena ada kemungkinan, variasi-variasi ini dapat berdiri sendiri sebagai sebuah gaya berbusana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN