Mohon tunggu...
Blue Dandelion
Blue Dandelion Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar / Mahasiswa

Hallo semua, Salam kenal dengan ai disini. Selamat membaca karya saya teman-teman, semoga bermanfaat. Jangan ragu untuk memberi kritik dan saran, karena sebagai manusia biasa saya butuh evaluasi. Terima kasih.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Pentingnya Manajemen Waktu

19 November 2022   11:01 Diperbarui: 22 November 2022   19:33 256
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Manajemen waktu adalah suatu kemampuan mengendalikan waktu, melakukan perencanaan dengan memprioritaskan atau menjadwalkan aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan sehingga efektif dan efisien. Memiliki manajemen waktu yang baik merupakan hal yang sangat penting. Dengan manajemen waktu yang baik, semua orang bisa melaksanakan tugas atau kegiatannya dengan baik dan teratur.

Mengapa manajemen waktu itu perlu?

Kita semua tahu, bahwa kita diberikan waktu yang sama banyaknya. Dalam menjalani aktivitas, pasti kita mempunyai tujuan dalam kurun waktu tertentu. Dengan demikian mengatur waktu dalam kurun waktu yang tepat dapat membantu kita mencapai tujuan dalam waktu yang tepat pula. 

Lalu apa manfaat manajemen waktu?

Bagi kalian yang terbiasa menjalani hidup sesuka hati, misalkan mengerjakan tugas mendekati deadline. Pasti akan sangat kesusahan, dan merasa terbebani ketika tiba-tiba setumpuk tugas datang secara mengejutkan. Supaya kita lebih yakin untuk menjalani sesuatu pastinya harus kita telaah dahulu manfaatnya bukan? 

Jadi, ini nih beberapa manfaat yang akan kita rasakan ketika bisa memanajemen waktu, yaitu :

  • Mengurangi stres

Pastinya tugas bertumpuk yang harus dikerjakan pada satu waktu akan menjadi masalah besar ketika kita tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Ketika hal itu terjadi kita akan merasa mudah lelah, tentunya kewalahan, dan akan merasa stres. Dengan demikian kita perlu adanya manajemen waktu, dengan manajemen waktu kita bisa mengendalikan waktu yang kita miliki dan bekerja dengan timeline yang sudah ditentukan sehingga kita tidak akan stres akibat harus mengerjakan multi tugas dalam satu waktu

  • Fokus yang lebih besar

Dengan adanya manajemen waktu kita pastinya sudah tahu hal yang akan kita hadapi, atau kita jalani dalam kurun waktu tertentu. Hal ini membantu kita untuk bisa fokus terhadap sesuatu yang akan atau sedang kita jalani. Dengan begitu hasil yang dikerjakan pun akan maksimal dan sesuai dengan kehendak kita.

  • Melatih tanggung jawab dan disiplin diri

Jika kita bisa memanajemen waktu dengan baik, hal tersebut bisa menunjukkan sikap tanggung jawab dan disiplin secara tidak langsung. Sikap tanggung jawab ditunjukkan dengan kemampuan kita dalam mengelola waktu, tugas, ataupun pekerjaan dengan baik. Sedangkan sikap disiplin ditunjukkan dengan ketepatan waktu dalam mengerjakan tugas maupun pekerjaan yang kita punya.

Nah itu tadi beberapa manfaat penerapan manajemen waktu yang akan kita dapatkan.

Dengan demikian, telah kita ketahui bahwa manajemen waktu itu penting bagi hidup dalam keseharian kita. Maka dari itu mulailah buat jadwal dan atur waktu kita supaya kita bisa menjalani hari-hari dengan lebih tenang, teratur, dan tidak ada lagi hal-hal yang gagal dilakukan karena tidak bisa memanajemen waktu dengan baik. Kita bisa mulai dengan menempel kegiatan yang akan dilakukan di rak buku, atau tempat dimana sering kita jumpai sehingga bisa mengingatkan kita. Dengan ponsel pintar kita juga bisa mengatur jadwal lewat aplikasi-apikasi yang disediakan.

Demikian tadi pengertian dan beberapa manfaat adanya manajemen waktu. Semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun