Mohon tunggu...
Riduannor
Riduannor Mohon Tunggu... Guru, Penulis - Penulis

Guru yang menyenangi dunia menulis, menggambar, dan Digital.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Mengapa Film Horor bertema Setan Selalu Laris Manis di Bioskop Indonesia?

23 Juni 2022   10:47 Diperbarui: 23 Juni 2022   10:56 263 12 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Beberapa waktu yang lalu, jagad perfilman Indonesia bergairah kembali , setelah stagnan hampir dua tahun, di akibatkan pandemi covid-19.

Hal ini ditandainya dengan suksesnya Film Desa Penari, yang menembus 9 juta penonton. Sungguh pantastis, dan menjadi film terlaris sepanjang masa. Sejak diputar di bioskop seluruh Indonesia pada tanggal 30 April 2022.

Dari sini, terlihat kalau film horor, yang bertema setan, sangat memikat para penikmat flm di tanah air, dan  mengalahkan flm bertema komedi, yang di raih Film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Bos Part 1 (2016) yang meraih 6,8 juta penonton.

Cerita, setan, selalu menarik untuk diangkat ke layar lebar. Ada banyak flm bertema setan, yang sudah ditayangkan di bioskop, dan kelayar kaca, sebelum desa penari.

Misalnya, Pengabdi Setan satu (2017), yang merupakan remake dari flm berjudul sama pada tahun 1980, meraih kesuksesan menarik penonton Indonesia, dan merambah sampai ke Hongkong, malaysia, singapura, dan Amerika Serikat. Dengan raihan penonton 4,2 juta.

Tidak lama lagi Flm pengabdi setan dua, akan beredar kembali dibioskop seluruh Indonesia. Dan rencananya, akan tayang perdana pada tanggal 4 Agustus 2022. 

Bahkan film bertema setan Indonesia, bisa mengalahkan horor lainnya dari luar negeri.

Cerita Setan Selalu Menarik dari dulu

Cerita, yang berkaitan dengan setan baik dalam bentuk buku cerita bergambar, novel, cerita yang dibacakan, melalui kanal media sosial, seperti youtube, radio, selalu menarik. 

Banyak cerita setan, berawal dari tulisan di media sosial, kemudian diangkat ke layar lebar. Dan mendulang sukses, seperti flm desa penari, yang awalnya di tulis melalui media sosial, twitter.

Cerita lisan, yang berkembang dimasyarakat, berkenaan kejadian horor, yang bersangkut paut dengan makhluk astral, sejenis setan, kuntilanak, gundrowo, wewe gombel, merupakan bagian dari kearifan lokal budaya turun-temurun.

Bahkan, dalam inovasi flm bertema setan, memunculkan inovasi jenis setan baru, yang dulunya tidak ada. Misalnya, flm nenek gayung, kaki cangkul, dan lain sebagainya. Merupakan bagian inovasi, perkembangan perfilman bertema setan.

Anekdot Tentang Setan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan