Mohon tunggu...
el lazuardi
el lazuardi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Menyukai buku

Tulisan lain ada di www.jurnaljasmin.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Akankah Laga Melawan Kroasia Menjadi Laga Terakhir Generasi Emas Belgia?

1 Desember 2022   19:58 Diperbarui: 1 Desember 2022   20:09 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Timnas Belgia. Foto : Manu Fernandez/AP/bola.com

Partai seru tersaji pada matchday ketiga grup E Piala Dunia 2022. Belgia menghadapi Kroasia. Tanda tanya besar tertuju pada timnas Belgia. Akankah laga melawan Kroasia menjadi laga terakhir generasi emas Belgia ?

Sebagai tim yang disematkan gelar sebagai generasi emas, maka Belgia selalu difavoritkan menjadi pemenang trofi juara. Dengan dukungan sejumlah pemain dengan kemampuan diatas rata-rata membuat banyak orang yakin bahwa mereka hanya menunggu waktu untuk membuktikan kemampuan mereka.

Namun faktanya jauh dari ekspektasi. Tim yang telah terbentuk selama beberapa tahun ini belum sekalipun muncul sebagai juara. Baik di tingkat regional maupun global. Muncul kemudian pertanyaan,' Ada apa dengan generasi emas Belgia ini ?"

Ya, prestasi terbaik Belgia hanyalah pernah menduduki peringkat satu FIFA sebelum kemudian diambil alih Brasil. Sementara dalam urusan trofi, belum sekalipun mereka menangkan. Mereka selalu tersungkur sebelum mencapai partai final dalam dua kali keikutsertaan di Piala Eropa dan satu kali Piala Dunia.

Pada Piala Dunia 2022 ini, tim berjuluk  De Rode Duivels ini sebenarnya kembali difavoritkan sebagai kandidat juara. Bergabung bersama Kroasia, Maroko, dan Kanada di grup E, Belgia diprediksi tidak bakal menemui kesulitan melewati fase penyisihan grup ini.

Namun faktanya tidaklah demikian. Juara ketiga Piala Dunia edisi sebelumnya ini kini justru berada di ujung tanduk. Mereka ditintut memenangkan laga ketiga melawan Kroasia ini bila ingin memastikam lolos dari fase grup ini. Hasil seri apalagi kalah akan membuat mereka tersingkir lebih awal.

Ya, kemenangan atas Kanada seolah tak berarti ketika mereka kalah 0-2 melawan Maroko pada partai kedua hari Minggu lalu. Mereka kini terlempar ke posisi tiga dibawah Kroasia dam Maroko. Sehingga satu-satunya cara untuk bertahan hanyalah dengan memenangkan laga terakhir.

Pertanyaannya adalah,akankah laga melawan Kroasia menjadi laga terakhir generasi emas Belgia ? Atau sebaliknya, mereka akan terus melaju ? Seberapa besar peluang tim asuhan Roberto Martinez ini ?

Ada tiga permasalahan penting yang bisa menjadi ganjalan bagi Belgia saat ini.

1. Inkonsistensi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun