Mohon tunggu...
el lazuardi
el lazuardi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Menyukai buku

Tulisan lain ada di www.jurnaljasmin.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Timothy Weah, Putra George Weah yang Mengukir Sejarah bersama Amerika Serikat

22 November 2022   07:28 Diperbarui: 22 November 2022   07:41 701
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Timothy Weah pemain Amerika Serikat. Foto: Fabrizio Bensch/REUTERS/indozone.id

Timothy Weah, demikian nama pemuda 22 tahun itu. Mendengarkan namanya mengingatkan kita pada seorang legenda sepak bola era 90-an yakni George Weah. Dan memang Timothy merupakna putra ketiga dari sang legenda.

Berbeda dengan ayahnya yang memiliki kewarganegaraan Liberia, Tim, demikian nama panggilannya, memilih menjadi warga negara Amerika Serikat. Pilihan ini membawanya bisa tampil di ajang Piala Dunia, sesuatu yang tak pernah dirasakan sang ayah. Dan Piala Dunia 2022 ini menjadi penampilan perdananya.

Kesempatan langka ini tak disia-siakan oleh Tim. Bermain sejak menit pertama, Tim sukses mengukir sejarah dengan menjadi pencetak gol pertama Amerika Serikat dalam partai grup B melawan Wales

Mendapatkan umpan terobosan dari Christian Pulisic, Tim berlari kencang ke tengah kotak pinalti dan berhasil melewati kawalan Neco William. Selanjutnya  dengan satu gerakan, Tim melepaskan tembakan kaki kanan ke sudut kanan bawah gawang Wales pada menit 36.

Sayang, satu gol dari Tim ini gagal menghasilkan tiga poin bagi AS. Pelanggaran Walker Zinnerman terhadap kapten Wales, Gareth Bale, di kotak pinalti membuat wasit menunjuk titik putih. Dan Bale sendiri sukses mengeksekusinya pada menit 82. Skor berubah menjadi 1-1 dan bertahan hingga akhir laga.

Tim merupakan tipe pemain sayap yang mengandalkan kecepatan dan kreativitas dalam mengolah bola serta sering menciptakan ruang untuk pemain lain. Sejauh ini dirinya baru menghasilkan empat gol dari 26 penampilan bersama timnas AS.

Tim sendiri telah bergabung dengan timnas AS sejak usia belia dan menjadi bagian dari tim junior negara tersebut. Sementara karir seniornya dimulai sejak empat tahun lalu yang ditandai dengan debut pada pertandingan persahabatan melawan Paraguay.

Gol perdana telah sukses dicetak Timothy Weah di ajang Piala Dunia. Sebuah catatan manis untuk seorang pemain muda untuk selanjutnya mengukir catatan lebih indah lagi di pertandingan-pertandingan berikutnya.

(EL)

Yogyakarta, 22112022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun