Mohon tunggu...
el lazuardi
el lazuardi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Menyukai buku

Tulisan lain ada di www.jurnaljasmin.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Pesona Karanganyar, Desa Wisata Ramah Berkendara dengan Kreatifitas Lokal

12 November 2022   19:55 Diperbarui: 12 November 2022   20:02 508
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Landmark Desa wisata Karanganyar. Foto: mediaindonesia.com

Membentang luas dengan hamparan hijau persawahan di sisi utara bukit Menoreh. Sebuah pemandangan yang amat memanjakan mata. Demikian gambaran sekilas tentang desa wisata Karanganyar, kabupaten Magelang , Jawa Tengah. Salah satu destinasi yang menjadi bagian dari Festival Kreatif Lokal 2022.

Ya, setelah tahun lalu menjadi salah satu desa wisata terbaik dalam Anugrah Desa Wisata Indonesia, desa Karanganyar terus mengepakkan sayapnya. Tahun ini desa Karanganyar dinobatkan sebagai desa wisata ramah berkendara dalam program yang diadakan Adira Finance tersebut.

Festival Kreatif Lokal sendiri merupakan program CSR dari Adira yang berada di bawah pilar Sahabat Lokal sebagai pengejawantahan peran Adira yang fokus membantu pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan pengembangan UMKM. Program ini berlangsung sejak Agustus lalu hingga November ini.

Dalam pelaksanaannya, program ini membaginya ke dalam tiga bagian yakni ; Desa wisata kreatif, Festival Pasar Rakyat dan Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara.

Program ini sendiri seperti diterangkan di website nya http://adira.id/e/fkl2022-blogger  mempunyai misi untuk membantu memulihkan perekonomian masyarakat melalui pengembangan desa wisata.

Selain itu program ini bertujuan merayakan kepemilikan gen kreatif masyarakat agar para pelaku kreatif bisa terus berkembang mengenalkan dan memajukan desa wisata untuk para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pada 15 Oktober 2022 lalu, Niko Kurniawan sebagai perwakilan dari Adira datang langsung pada peresmian landmark Karanganyar sebagai desa wisata ramah berkendara. 

" Dengan adanya Festival Kreatif Lokal di desa wisata Karanganyar ini diharapkan perekonomian akan tumbuh dengan kita membantu desa wisata memiliki konsep yang baik dalam menyambut wisatawan lokal maupun mancanegara. Kita akan membantu menyediakan infrastruktur dengan baik,sehingga perekonomian bisa bergerak dan bertumbuh yang dengan sendirinya bisa mensejahterakan masyarakat, " komentar Nico dalam sambutannya.

Tidak berlebihan memang memberi label  desa wisata ramah berkendara pada Karanganyar. Mereka sudah memenuhi semua kriteria untuk hal itu. Baik dalam hal insfratuktur, sumber daya manusia, dam ekosistem pariwisata.

1.Infrastruktur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun