Mohon tunggu...
ellazuardi
ellazuardi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Menyukai buku

Tulisan lain ada di www.jurnaljasmin.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Lionel Messi, Copa America, dan Arti Kesuksesan

14 Juli 2021   19:14 Diperbarui: 14 Juli 2021   20:10 144 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lionel Messi, Copa America, dan Arti Kesuksesan
Lionel Messi memegang trofi Copa America 2021.Foto : akun IG @conmebolcopaamerica2021


Bintang sepak bola Argentina, Lionel Messi menjawab kritikan yang selama ini dihadapkan padanya.Jawabannya trofi Copa America 2021. Ya, striker andalan timnas Argentina itu baru saja sukses membawa negaranya menjuarai Copa America 2021 setelah di final menang 1-0 atas tuan rumah Brasil lewat gol tunggal Angel Di Maria.

Messi hampir saja dianggap pemain gagal. Meski sukses di level klub dan beberapa kali menjadi pemain terbaik dunia, Namun selama hampir 17 tahun karirnya di tim nasional belum sekalipun mempersembahkan trofi untuk negaranya.

Pemain yang bermain untuk klub Barcelona itu gagal dalam empat kali kesempatan yang didapatkannya. Yakni kalah 0-1 atas Jerman di final Piala Dunia 2018,kalah 0-3 atas Brasil di final Copa America 2007,serta dua kali berturut-turut kalah lewat adu pinalti melawan Chili di final Copa America 2015 dan 2016.

Rentetan kegagalan itu menjadi bahan kritikan bagi para pencinta bola buat kapten timnas Argentina itu. Ya meski punya kemampuan bermain luar biasa,tapi Messi dianggap tak pantas disejajarkan dengan sejumlah nama besar sepakbola lainnya seperti Pele, Maradona dan Cristiano Ronaldo yang masing-masing telah berhasil mempersembahkan trofi buat negaranya.

Namun berkat kerja keras dan kesabarannya pemain yang menjadi langganan pemenang Balon d'Or itu berhasil di kesempatan kelimanya dengan membawa Argentina menjadi kampiun Copa America yang ke lima belas kalinya tahun 2021 ini.

Ada beberapa pelajaran penting yang bisa kita petik dari kisah kesuksesan Lionel Messi ini.

1.Bahwa kesuksesan itu adalah buah dari kerja keras.

Kesuksesan adalah hasil dari kerja keras selama bertahun-tahun. Tidak bisa dibangun dalam sekejap saja.Karena kesuksesan bukan hadiah cuma-cuma dari langit.

Kesuksesan itu perlu kerja keras terus menerus tiada henti.Jangan pernah ada kata menyerah sebelum cita-cita tercapai.Karena kesuksesan itu hasil dari proses panjang. Tak bisa diraih dengan cara instan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN