Mohon tunggu...
ellazuardi
ellazuardi Mohon Tunggu... Menyukai buku

www.jurnaljasmin.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Bola

Tuah Emery Menghapus Trauma, Villareal CF Lolos ke Final UEL 2021

8 Mei 2021   05:48 Diperbarui: 8 Mei 2021   05:56 135 11 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tuah Emery Menghapus Trauma, Villareal CF Lolos ke Final UEL 2021
Para pemain Villareal CF merayakan keberhasilan mereka lolos ke final UEL 2021 Foto:Shaun Botrerill/Getty Images vua sport.detik.com

Tuah Unai Emery kembali menuai hasil.Kali ini yang menikmatinya adalah Villareal CF.Klub papan tengah Liga Spanyol itu lolos ke final pertama mereka di ajang kompetisi antar klub,Europa League 2021.

Villareal lolos ke final setelah menang agregat 2-1 atas klub Inggris,Arsenal di semifinal.Pada leg pertama di kandang sendiri klub berjuluk "Submarine Amarilloini menang 2-1.Sementara pada pertandingan tandang mereka berhasil menahan imbang tuan rumah Arsenal 0-0.

Keberhasilan ini menghapus kutukan gagal ke final yang dialami Villareal selama ini.Seperti kita ketahui klub berseragam kuning ini sebelumnya empat kali terhenti di semifinal kejuaraan antar klub Eropa.Sekali di Liga Champion dan tiga kali di Europa League.

Kegagalan pertama mereka alami pada musim 2003/2004.Klub sesama Spanyol ,Valencia menghentikan laju mereka setelah pada leg kedua kalah 0-1 lewat gol pinalti Mista.Sementara pada leg pertama mereka bermain imbang tanpa gol.Valencia sendiri tampil sebagai juara musim itu.

Dua tahun berikutnya Villareal yang kala itu diperkuat sejumlah pemain bintang seperti Juan Roman Riquelme,Diego Forlan,Santi Cazorla dan Marcos Senna menyerah di tangan klub Inggris Arsenal di ajang Liga Champion.

Setelah kalah 0-1 di Highbury kandang Arsenal lewat gol Kolo Toure,Villareal yang dilatih Manuel Pellegrini mencoba membalas pada leg kedua di kandang.

Harapan sempat muncul saat "Kapal Selam Kuning",julukan Villareal mendapat hadiah pinalti di ujung laga.Tapi sayang Juan Riquelme yang bertindak sebagai algojo gagal melaksanakan tugasnya.Dan Villareal kembali gagal ke final.

Lima tahun berikutnya yakni pada musim 2010/2011 mereka kembali tampil di semifinal Europa League.Kali ini musuhnya klub Portugal,FC Porto.

Meski menang 3-2 pada leg kedua,Villareal yang diasuh Juan Carlos Garrido kala itu tetap gagal ke final karena pada leg pertama kalah telak 1-5.Porto sendiri berhasil memenangkan kompetisi musim itu setelah menang atas sesama klub Portugal,SC Braga di final.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x