Mohon tunggu...
ellazuardi
ellazuardi Mohon Tunggu... Menyukai buku

www.jurnaljasmin.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Melly Goeslaw, Pandemi, dan Pendidikan Wanita

10 Maret 2021   07:41 Diperbarui: 10 Maret 2021   08:08 154 38 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melly Goeslaw, Pandemi, dan Pendidikan Wanita
Foto dari akun IG @melly_goeslaw

Bagi para pencinta musik tanah air pasti sudah akrab dengan nama Melly Goeslaw. Ya ,wanita kelahiran Bandung ini adalah penulis lagu,penata dan produser musik dan juga seorang vokalis.Karya-karyanya banyak bertebaran di sejumlah album dan soundtrack film.Baik yang dinyanyikannya sendiri maupun yang dilantunkan penyanyi lain.

Istri dari Anto Hoed ini mengusung genre pop,jazz,dan slowrock dalam sejumlah karyanya.Lagu bertema percintaan dan kegalauan menjadi andalannya.Para penggemarnya pasti sudah hafal dengan lagu-lagu dengan judul-judul seperti "Jika","Ada Apa Dengan Cinta" ,"Ketika Cinta Bertasbih" dan sebagainya.

Namun pada medio 2017 lalu Teh Melly,sapaan akrabnya membuat lagu spesial.Sebuah lagu dengan lirik yang memotivasi para wanita untuk memperjuangkan haknya mendapatkan pendidikan.Lagu berjudul "Memang Kenapa Bila Aku Perempuan ?".

Foto dari IG @gitagut
Foto dari IG @gitagut

Lagu ini merupakan soundtrack dari film "Kartini" yang menceritakan tentang emansipasi wanita.Dinyanyikan Melly Goeslaw sendiri dengan berduet dengan Gita Gutawa.

Sesuai tema film itu maka lagu ini berisi lirik-lirik yang mengajak wanita mendapatkan haknya untuk sejajar dengan kaum pria.Khususnya untuk mendapatkan pendidikan.Para wanita harus punya pendidikan setinggi mungkin sebagaimana pria karena mereka berhak mendapatkannya.

Kita patut mengapresiasi lagu ini.Karena lewat lagu ini,personil band Potret itu telah membangkitkan kesadaran pentingnya para wanita mendapatkan pendidikan sebagus mungkin.Karena dengan bekal pendidikanlah mereka para wanita akan dapat berperan lebih jauh untuk bisa memperbaiki kehidupan mereka sendiri maupun keluarga dan masyarakat pada umumnya.Sebab wanita tak hanya berkutat pada tugas-tugas domestik,tapi juga bisa berperan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Melly Goeslaw memprotes keras pandangan yang menomorduakan wanita dalam hal pendidikan. Sepasang lirik yang berbunyi "Memang kenapa bila aku perempuan? Aku tak mau jadi budak kebodohan" sudah secara tegas menjelaskan kegelisahannya akan fenomena itu.Lewat lagu ini Melly Goeslaw berusaha melepaskan para wanita dari stereotip yang memandang wanita dengan sebelah mata.

Meskipun sudah empat tahun berlalu, pesan yang dikandung lagu ini masih relevan dengan realita kehidupan sekarang.Apalagi di masa pandemi ini.Banyak wanita,khususnya para siswi tingkat SMP atau SMA yang terancam putus sekolah karena alasan ekonomi.

Resesi ekonomi yang berdampak pada penurunan pendapatan orangtua mereka serta pemberlakuan pembelajaran jarak jauh lewat virtual di masa pandemi yang perlu biaya besar untuk pembelian kuota internet memaksa mereka untuk tak meneruskan pendidikan.Seperti baru-baru ini beredar sebuah video tentang seorang siswi di Sumatra Barat yang memberitahu gurunya bahwa dia tak lagi meneruskan sekolah karena tak punya biaya untuk pembelian kuota internet.Untunglah gurunya berusaha peduli dan membujuk siswinya itu untuk kembali bersekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN