Mohon tunggu...
ellazuardi
ellazuardi Mohon Tunggu... Menyukai buku

Dalam kerendahan diri,ada ketinggian budi Dalam kemiskinan harta,ada kekayaan jiwa Dalam kesempitan hidup,ada keluasan ilmu Hidup ini indah jika segalanya karena ALLAH Hamka,DiBawah Lindungan Ka'bah

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Nilai-nilai Pancasila dalam Protokol New Normal

2 Juni 2020   08:19 Diperbarui: 2 Juni 2020   08:16 130 4 0 Mohon Tunggu...

Kita semua sepakat bahwa Pancasila adalah falsafah hidup bagi bangsa Indone- sia.Nilai nilai luhur Pancasila sangat tepat dijadikan sebagai pedoman hidup,baik hidup bernegara,ataupun hidup berma- syarakat.Ajaran ajaran Pancasila terbukti relevan diterapkan sepanjang waktu baik masa sekarang maupun masa mendatang.

Berkaitan dengan krisis serangan virus Corona dan fase New Normal yang akan segera dimulai terdapat beberapa nilai nilai luhur Pancasila yang perlu kita tanamkan sebagai warga negara khususnya sila ke 5. Sila yang berbunyi " Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia" itu memuat tentang bagaimana kita menciptakan kehidupan yang berkeadilan sosial dan tentang menghormati hak hak orang lain.

Juga tentang bagaimana kita saling menghargai dan memanusiakan manusia.

Nilai nilai itu tercakup dalam beberapa butir sila ke 5 yang diantaranya adalah : pertama,disebutkan dalam butir ke 4 yang bunyinya " menghormati hak hak orang lain".Beberapa contohnya adalah selalu pakai masker, menghindari kontak fisik,dan jaga jarak  sebagai langkah menghindari penularan virus.Disini kita menghormati hak orang lain mendapatkan rasa aman bebas dari tertular penyakit. Termasuk juga dengan tidak memaksakan berkunjung ke daerah daerah yang menolak kedatangan orang luar,seperti dengan tidak mudik Lebaran dan sebagainya.

Butir kedua yang juga penting diterapkan adalah "Tidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum".Beberapa waktu lalu kita sempat dibuat panik karena kelangkaan masker dan handsanitizer di pasaran.Beberapa oknum memanfaatkan situasi krisis Corona ini dengan menimbun barang barang itu dan menjualnya dengan harga sangat mahal demi keuntungan pribadi.Ego pribadi yang seperti ini harus dihindari karena berpotensi menciptakan keresahan di masyarakat.

Selanjutnya butir yang juga wajib diperhatikan adalah "Suka memberi pertolongan pada orang lain agar dapat berdiri sendiri".Contohnya adalah dengan selalu berbagi meringankan beban orang orang yang mengalami kesulitan. Termasuk juga berbagi pengetahuan dan informasi tentang bahaya Covid 19 ini.

Butir lainnya yang tak kalah pentingnya adalah menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.Setiap kita berhak  hidup sehat ,dan karena itu  sekaligus melekat kewajiban menciptakan lingkungan yang sehat pula.Semua harus berimbang.

Masih banyak sebenarmya nilai nilai penting dari sila sila Pancasila lainnya yang sejalan dengan panduan Protokol New Normal.Namun yang paling penting adalah bagaimana konsistensi kita dalam mengaplikasikannya.

VIDEO PILIHAN