Mohon tunggu...
Michael Binyo
Michael Binyo Mohon Tunggu...

Bagian kecil dari sebuah bangsa besar, yakni Bangsa Indonesia dengan kebhinnekaannya. Jurnalis junior di sebuah media online. Hobbi menulis, nonton film drama komedi situasi, membaca kisah nyata yang inspiratif, dan keliling mencari tempat-tempat menyenangkan di tengah hiruk-pikuknya ibukota. Kurang menyukai orang yang memiliki sifat 'aneh' dalam berteman. Membuka diri untuk dikritik, diberi masukan, dan diberi pengarahan positif mengenai. Mengidolakan kepribadian serta pemikiran Pak Harto, Gus Dur, John Lennon, Nelson Mandela, dan Mahmud Madaul (orang pertama yang memberi wawasan menulis). Cinta keluarga, loyal, dan tidak suka nongkrong berlebihan. Akhir perkenalan, semoga tulisan-tulisan ini berguna bagi siapapun yang membacanya. Menjadi inspirasi, membuka wawasan baru, dan yang terutama adalah membuat setiap orang Indonesia yang membacanya semakin mencintai Bangsa Indonesia serta semakin bangga terlahir sebagai Bangsa Indonesia. Regards, Binyo

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Geliat Dunia UMKM Pusat Grosir Pasar Pagi ASEMKA

15 April 2016   12:53 Diperbarui: 15 April 2016   13:03 249 0 0 Mohon Tunggu...

JAKARTA --- Pasar Pagi Asemka merupakan salah satu pusat Grosir seluruh produk lokal dan import di kawasan Jalan Asemka, Petukangan, Pasar Pagi, Jakarta. Menggeliat sejak pagi hari sampai senja, Pasar Pagi Asemka menawarkan segala macam jenis barang dagangan dari aksesoris sampai produk pewangi/parfum dan alat kecantikan.

Dengan menumpang moda transportasi Trans Jakarta turun di Halte TransJakarta Kota, lalu berjalan melewati Terowongan Penyeberangan Orang untuk keluar di depan Gedum Museum Mandiri. Dari sini berjalan kaki sekitar lima menit ke arah kolong jembatan layang jembatan lima maka sampailah di kawasan perdagangan grosir padat pengunjung yaitu Pusat Grosir Pasar Pagi Asemka.

[caption caption="Salah satu toko di area pasar pagi Asemka Jakarta"][/caption]Rochiansyah, seorang pedagang aksesoris perlengkapan wanita yang sudah kurang lebih dua puluh tahun berdagang mengungkapkan bahwa pembelian yang dilakukan di Pusat Grosir Asemka sebenarnya hanya melayani grosir saja tanpa eceran. Namun kenyataannya dalam mengejar omset seringkali ada rekan-rekan sesama pedagang yang melayani masyarakat secara eceran.

" sulit juga untuk menolak, karena pembeli yang datang kesini sudah berbaur menjadi satu antara pengecer dan masyarakat, dan hal tersebut tidak ada regulasi resmi pengaturannya. Jadi nikmati saja, sambil berusaha mengejar omset," tutur Rochiansyah asal Karo, Sumatera Utara ini.

Harga-harga grosir yang ditawarkan bervariasi, mulai Rp,50.000,- per tiga barang sampai ratusan ribu rupiah per lusin. Mulai dari aksesoris busana wanita, parfum, batu akik, mainan anak-anak, boneka, sepatu, busana muslim dan busana umum, bahkan saat menyambut Bulan Puasa hingga Idul Fitri maupun Hari Raya Natal dan Tahun Baru banyak toko yang menjual perlengkapan-perlengkapan hari raya.

Mariska, pedagang aksesoris di Gedung Grosir Asemka tepat di sisi jalan layang jembatan lima menyiapkan harga spesial bagi seluruh masyarakat baik eceran maupun grosir untuk perlengkapan hari raya besar.

" kami menjual semua bisa di beli baik grosir maupun eceran, terserah keinginan masyarakat saja," ungkap Mariska.

[caption caption="Suasana ramai pengunjung di pasar pagi Asemka Jakarta"]

[/caption]Salah satu yang menarik dari Pusat Grosir Pasar Pagi Asemka adalah letaknya yang berada di kawasan wisata lingkar Kota Tua Jakarta. Hal ini sangat disyukuri oleh para pedagang karena mereka dapat menarik wisatawan lokal dan mancanegara sekaligus.

Antonius, seorang pedagang segala rupa aksesoris bahkan sudah lama berimprovisasi menjajakan barang-barang dagangannya secara online, dan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

" situs online sangat baik untuk berjualan aksesoris, namun harus di jaga juga etika berdagang yaitu tidak sekalipun menipu pembeli, itulah rahasia kami dalam berdagang online. Ditambah pengiriman juga kami lakukan dengan menggandeng jasa pengiriman ternama baik lewat udara maupun darat," Jelas Antonius.

Sebagai sebuah kawasan belanja di tengah lokasi Kota Tua yang bersejarah maka para pedagang Pusat Grosir Pasar Pagi Asemka dapat menjadi apa saja yang diinginkan. Sudah tentu menjadi orang sukses, yaitu sukses sebagai seorang wirausahawan baik lokal maupun internasional. Ditambah lagi rangsangan geliat UMKM dari pemerintah pusat maupun daerah di saat ini yang begitu besar, maka para pedagang dapat semakin eksis.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x