Mohon tunggu...
Bintang Nur Kurnia Fajar
Bintang Nur Kurnia Fajar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Semangat Nugas

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

5 Langkah Penataan Sumber Daya Manusia secara Efisien

9 November 2021   18:22 Diperbarui: 9 November 2021   18:26 170 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
HR Management (Sumber Ilustrasi) : Freepik

Ketika datang ke suatu perusahaan, manajemen sumber daya adalah langkah mendasar, karena mereka dirancang untuk menjaga keberlanjutan dan profitabilitas. Sementara manajer sumber daya memastikan setiap kebutuhan sumber daya diselesaikan selama fase inisiasi, manajer sumber daya kemudian melakukan penataan sumber daya tersebut dan memberikan proyek dalam waktu dan anggaran yang ditentukan.

Dalam pengertian itu, manajer sumber daya bertanggung jawab atas perencanaan, pengorganisasian, penataan, dan pengukuran pekerjaan orang. Tugas utama mereka adalah merencanakan, mengalokasikan dan menjadwalkan sumber daya perusahaan secara efektif untuk memaksimalkan setiap sumber daya. Mereka juga dapat berupa sumber daya manusia, seperti tim kerja Anda, atau sumber daya nonmanusia, seperti komputer, peralatan, ruang, peralatan, dll.

Meskipun sumber daya dapat bervariasi tergantung pada jenis dan skala proyek, ada beberapa jenis penting yang perlu dipertimbangkan jika Anda ingin melihat kesuksesan.

Mengelola Sumber Daya Manusia Anda

Ke depan, saya ingin menjelaskan tentang sumber daya manusia. Bagaimanapun, tim Anda adalah salah satu sumber daya terpenting dalam sebuah proyek, serta salah satu sumber daya paling menantang bagi manajer untuk ditangani. Oleh karena itu, berikut adalah lima langkah untuk mengelola sumber daya manusia Anda secara lebih efisien:

1. Memberikan umpan balik

Interaksi antara Anda dan tim Anda adalah hal mendasar. Apakah mereka berhasil atau gagal dalam menyelesaikan tugas, mereka membutuhkan Anda untuk berada di sana untuk memberi mereka nasihat, menyelesaikan masalah jika perlu dan menawarkan mereka dukungan. Bekerja sama tentu akan mengoptimalkan kinerja proyek.

2. Pimpin dan atur tim Anda

Pastikan semua orang mengetahui tujuan, tanggung jawab mereka dalam proyek dan peran mereka. Kemudian, Anda harus mencatatnya dalam jadwal yang terperinci, di mana setiap orang akan memiliki tugas dan waktu yang dialokasikan untuk menyelesaikan bagian mereka dengan sukses.

3. Dorong mereka untuk berpartisipasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan