Mohon tunggu...
Bintang Nur Kurnia Fajar
Bintang Nur Kurnia Fajar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Semangat Nugas

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

5 Langkah yang Terlibat dalam Analisis Jabatan

25 Oktober 2021   08:01 Diperbarui: 25 Oktober 2021   08:04 119 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Job Analysis (Sumber Ilustrasi) : Freepik

Seiring perubahan tenaga kerja untuk mengakomodasi teknologi dan metode kinerja, pengusaha perlu memperbarui pemahaman dan harapan mereka tentang pekerjaan. 

Analisis jabatan memungkinkan karyawan dan majikan untuk mengidentifikasi keterampilan dan tugas dari posisi tertentu. Pemeriksaan pekerjaan yang cermat semacam ini dapat memengaruhi segalanya, mulai dari proses perekrutan hingga kompensasi.

 Dalam artikel ini, kami menjelaskan cara menyelesaikan analisis jabatan dan bagaimana analisis itu bermanfaat bagi tempat kerja.

Apa itu analisis jabatan?

Analisis jabatan adalah penilaian posisi jabatan untuk menentukan keterampilan atau kompetensi yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tertentu, kondisi kerja pekerjaan dan bagaimana peran itu mempengaruhi bagian lain dari bisnis. Analisis jabatan mengevaluasi posisi alih-alih karyawan yang melakukan pekerjaan. Tujuan dari analisis jabatan adalah untuk menentukan kemampuan dan keahlian unik yang dibutuhkan setiap posisi.

Analisis jabatan adalah proses yang melibatkan berbagai metode dan langkah yang digunakan untuk mengevaluasi posisi apa pun. Analisis jabatan dilakukan di berbagai industri. Pemerintah bahkan menawarkan pedoman untuk melakukan analisis. 

Analisis jabatan paling efektif ketika standar profesional yang sama digunakan untuk menyelesaikan proses terlepas dari industri atau bisnisnya.

Pengusaha melakukan analisis jabatan untuk lebih memahami kompetensi yang digunakan untuk melakukan peran tertentu di perusahaan. Kompetensi adalah seperangkat perilaku, kemampuan, dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk bekerja dalam suatu pekerjaan. 

Ini mungkin termasuk mengetahui cara bekerja perangkat lunak komputer tertentu atau mengoperasikan mesin atau alat tertentu. Itu juga bisa mencakup sertifikasi dan pendidikan. 

Keterampilan seperti manajemen waktu dan pemecahan masalah juga dapat dianggap sebagai kompetensi yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan