Mohon tunggu...
Bible CultureStudy
Bible CultureStudy Mohon Tunggu... Pendidikan Kristen

Wadah untuk menjelaskan Bible dari Perspektif abad pertama

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Apa Arti Letih, Lesu dan Beban Berat dalam Matius 11?

5 Juni 2019   01:32 Diperbarui: 5 Juni 2019   01:42 0 2 0 Mohon Tunggu...

Jenis apa "letih lesu" dan "beban berat" yang dimaksud oleh Yesus Kristus dalam Matius 11 ?

Beberapa Penafsir, Pengkhotbah, Pengajar, dan Pendeta memahaminya sebagai keadaan orang yang sedang krisis ekonomi, putus asa, beban hidup yang berat dengan berbagai tagihan, dan lainnya. Intinya,istilah "letih lesu" dan "beban berat" ini dianggap sebagai keadaan sosial-ekonomi seperti keadaan kita zaman sekarang.

Sebenarnya ketika masuk dalam Aplikasi ber-bentuk khotbah, ya boleh-boleh saja lah.

Tetapi jika tidak menguraikan arti "letih lesu" dan "beban berat" menurut Yesus Kristus dan Adat-Nya pada saat itu, maka arti panggilan untuk memikul KUK yang dimaksud oleh Yesus tidak akan pernah dipahami maknanya.

Mengapa? karena keadaan sosial-ekonomi tentu saja tidak memiliki hubungan dengan istilah "KUK". Dengan demikian akan muncul kesulitan besar memahami maksud Yesus pada saat itu.

Jadi keadaan apa yang dimaksud oleh Yesus ketika memanggil orang-orang yang sedang "letih lesu" dan "ber-beban berat" ? Jawabannya adalah keadaan "terbelenggu hukum" Yahudi yang amat memberatkan.

Jadi "letih lesu" dan "beban berat" yang dimaksud oleh Yesus pada saat itu adalah keadaan Spiritual orang Yahudi yang dibebani hampir seribu hukum-hukum mengerikan yang mustahil untuk dapat dilakukan dengan sempurna.

Beban berat yang dimaksud adalah aturan-aturan ketat dari Orang Farisi yang munafik dan jahat.

Perlu sekali untuk memahami Culture/Budaya Penulis Alkitab Abad pertama jika ingin mendekati atau mengidentifikasi istilah-istilah sulit dalam Alkitab. Mengapa ? karena Alkitab ditulis dalam budaya-sosial-politik-agama-geografis tertentu.

#BCSsermon

 sumber