Mohon tunggu...
Beti.MC
Beti.MC Mohon Tunggu... Menulislah Selayaknya Bertutur, Mengalirlah Energi Kebaikan

Berbagi pengalaman, kesempatan dan cerita sehari-hari.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Tips Bepergian di Masa New Normal

17 Juni 2021   12:10 Diperbarui: 17 Juni 2021   12:26 89 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Bepergian di Masa New Normal
Dok. pribadi

Travelling? Yuhui...siapa yang tak suka? Walau pandemi masih terjadi di negara kita, toh kebutuhan travelling tak mungkin dihindari karena prioritas tiap-tiap orang berbeda. Bagi para pekerja atau pelaku bisnis perjalanan keluar kota tentu mempunyai tujuan khusus yang menunjang tugas atau perannya. Di pertengahan tahun seperti ini ada banyak anak-anak yang melanjutkan sekolah atau kuliah di kota lain yang dituntut segera melakukan proses daftar ulang atau registrasi, hal ini membuat mereka juga melakukan aktivitas di luar rumah dan melakukan mobilitas keluar kota. Ehm, selain itu, ada juga sebagian orang yang melakukan perjalanan karena tujuan liburan. Itupun sah saja, bepergian untuk tujuan refreshing, toh saat ini tidak ada larangan untuk bepergian seperti waktu lalu pemerintah melarang mudik di hari raya.

Sekarang, pilihan bepergian itu harus disertai dengan berbagai pertimbangan dan menyusun strategi. Ini kiat untuk bepergian dengan nyaman dan aman di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

1. Tetapkan waktu bepergian dan cek jadwal moda transportasi.

Dengan situasi seperti ini penting mengetahui apakah moda transportasi yang dipilih sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Ada beberapa perubahan yang terjadi pada beberapa maskapai penerbangan, kereta api atau bis. Pengalaman yang lalu, maskapai penerbangan merubah jadwal penerbangan sehingga calon penumpang perlu jeli melihat ketersediaan penerbangan terutama jika menuju kota-kota kecil.

2. Kondisi sehat.

Bepegian saat ini perlu dilengkapi dengan beberapa dokumen kunci, salah satunya Surat Rapid Antigen yang menyatakan kondisi Anda tidak dalam keadaan sakit. Surat ini walau hanya selembar sangatlah penting untuk memuluskan perjalanan Anda. Tidak ada surat ini, kita akan kesulitan melanjutkan rencana bepergian karena kondisi kesehatan yang prima mutlak untuk mencegah penyebaran penyakit saat ini. Jadi, pastikan kondisi kesehatan yang terbaik dan siap melakukan perjalanan.

3. Persiapkan dokumen perjalanan yang dipersyaratkan.

  • Bawa identitas diri (asli/ fotokopi). Tips jika bepergian dengan anak-anak yang belum mempunyai KIA, pastikan membawa FC KK untuk memudahkan proses identifikasi petugas.
  • Surat Rapid Antigen. Lakukan tes rapid sebelum perjalanan, jika dilakukan mendadak pasti membuat kepanikan tersendiri karena masih ada proses lain yang harus dilakukan di bandara.
  • Cetak boarding pass melalui mesin yang tersedia untuk mengurangi antrian penumpang saat check-in.
  • Donlot aplikasi E-HAC. Aplikasi ini harus didonlot para pelaku perjalanan karena kita diminta untuk menunjukkan barcode saat di bandara. Jika kita belum mendonlotnya, petugas akan meminta kita melakukan proses donlot dan mengisi form sesuai yang tercantum dalam aplikasi. Walaupun kita bisa saja melakukan saat di perjalanan, ada baiknya proses ini sudah dilakukan sebelumnya agar tidak terjadi penumpukan antria saat keluar bandara.

4. Perhitungkan waktu perjalanan.

Mengunakan moda transportasi apapun, penting dipersiapkan waktu yang cukup, jangan terlalu mepet karena proses pengecekan surat (validasi) harus dilakukan dan proses memasukkan bagasi perlu dipertimbangkan.

5. Persiapkan kebutuhan pribadi.

Selalu bawa masker cadangan untuk antisipasi masker yang dikenakan kotor atau saatnya mengganti masker. Kebutuhan pribadi lainnya seperti hand sanitizer dan tisu penting diletakkan dan mudah dijangkau untuk dipakai sewaktu-waktu. Bawalah minum/ snack secukupnya, ini untuk mengurangi kontak dengan orang lain/ benda dan bisa mendukung asupan selama waktu menunggu atau perjalanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN