Mohon tunggu...
Beti.MC
Beti.MC Mohon Tunggu... Menulislah Selayaknya Bertutur, Mengalirlah Energi Kebaikan

Berbagi pengalaman, kesempatan dan cerita sehari-hari.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

PKM Program Kesempatan

24 April 2021   09:59 Diperbarui: 24 April 2021   10:05 79 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PKM Program Kesempatan
Sumber foto: Dokumentasi Program Kesempatan

Posyandu, Pusat Pelayanan Terpadu. Puskesmas, Pusat Kesehatan Masyarakat. Pustu, Puskesmas Pembantu. Pus, apalagi istilah yang dikenal di masyarakat? Ada bu, Poskamling, pos keamanan lingkungan. Pusat Kegiatan Masyarakat, adakah yang mengenali istilah itu?

Pusat Kegiatan Masyarakat, bisa disingkat dengan PKM, merupakan salah satu indikator layanan yang menjadi tujuan Program Kesempatan. PKM, merupakan gedung / rumah/ ruangan/ kebun yang aman nyaman, dan ramah anak yang dilengkapi dengan sarana prasarana pembelajaran, olahraga dan seni budaya yang disediakan bagi pekerja anak, anak-anak rentan, orang tua dan masyarakat umum, terutama buruh tani dan petani untuk belajar pengetahuan keterampilan, bermain dan mengembangkan kreativitas yang dibutuhkan dalam kehidupan. Rumusan ini menjadi acuan dalam tim proyek dalam mengelola PKM di desa masing-masing. Sebenarnya, PKM juga bermakna ganda, bisa dilihat dari sisi fisik berarti tempat/ ruangan yang digunakan masyarakat. Di sisi lain, PKM merupakan bentuk kegiatan yang riil dilakukan bersama kelompok masyarakat.

Saat ini, PKM yang berdiri di beberapa desa bertujuan untuk memberi kegiatan yang bermanfaat bagi anak dan orang tua. Tentu saja, harapannya PKM bisa diakses seluruh warga desa, bersifat inklusif, terbuka untuk seluruh warga. Walaupun ada misi khusus dari layanan PKM ini untuk mencegah terjadinya pekerja anak di wilayah desa-desa pertanian, layanan untuk masyarakat dari kelompok petani/ buruh tani tetap dipertimbangkan.

Pengelola PKM menganut prinsip belajar sepanjang hayat, sehingga PKM direncanakan untuk proses pembelajaran yang memberikan keteladanan, membangun nilai, kreatif, dan menyenangkan. Materi yang diberikan diolah dari kebutuhan kelompok sasaran dan mensosialisasikan terus menerus isu perlindungan anak. Materi yang dikembangkan PKM meliputi materi inti dan pilihan. Sebagai upaya mendorong desa ramah anak, materi perlindungan anak seperti Konvensi Hak Anak, kebijakan nasional terkait pekerja anak dan bentuk-bentuk pekerjaan untuk anak menjadi keharusan untuk disampaikan agar semua warga mengerti pola pengasuhan anak.

Ingin tahu kegiatan apa saja yang diselenggarakan oleh PKM?

Sumber foto: Dokumentasi Program Kesempatan
Sumber foto: Dokumentasi Program Kesempatan
Seni dan Budaya

Kegiatan seni dan budaya menjadi daya tarik PKM sekaligus merupakan jalan masuk melestarikan kebudayaan lokal. Di beberapa desa, pilihan belajar tari tradisional diikuti oleh banyak anak. Kesenian hadrah/ rebana juga sangat diminati baik anak laki-laki maupun perempuan. Bahkan saat ini, sudah ada kelompok yang solid dan siap tampil di kegiatan desa/ di luar desanya.

Sumber foto: Dokumentasi Program Kesempatan
Sumber foto: Dokumentasi Program Kesempatan
Olahraga

Pilihan olahraga seperti voli, tenis meja, badminton dan bola selalu ramai diikuti anak-anak.

Bimbingan belajar

Saat pandemi, kegiatan bimbel ini menjadi sarana untuk mengerjakan PR/ tugas sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x