Mohon tunggu...
Bernadetta Azalia
Bernadetta Azalia Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Sedang belajar menulis dan dunia Jurnalisme lainnya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mengenal Dunia Jurnalistik dan Jurnalis di Masa Depan

16 Februari 2020   12:14 Diperbarui: 17 Februari 2020   13:12 367 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Dunia Jurnalistik dan Jurnalis di Masa Depan
kompas.com

Perkembangan jurnalisme  online mampu memunculkan berbagai kemajuan baru yang memudahkan khalayak dalam mengonsumsi informasi. Perkembangan ini pun juga memberi dampak terhadap profesi jurnalis itu sendiri untuk dituntut memiliki kemampuan lebih.

Perkembangan dalam dunia jurnalisme pun membawa dampak pada media massa yang sudah ada terlebih dahulu (media konvensional), dan memberi dampak kemunculan jurnalisme online. Lalu apa kah jurnalisme online itu?

Menurut Widodo, Jurnalisme online merupakan bentuk penulisan jurnalistik yang memproduksi konten secara digital dengan melibatkan media (audio, video, teks, gambar, link) didalamnya, yang diproduksi secara eksklusif untuk dibagikan dan didistribusikan melalui World Wide Web. 

Dalam kemunculannya, jurnalisme online mampu memberikan dampak bagi media. 

Hal ini terbukti dengan kemunculan penggunaan multimedia saat ini, yang mana video kini tidak hanya digunakan di media televisi saja, melainkan juga pada media radio, dan radio yang sudah bisa diakses dengan menggunakan internet yang sifatnya lebih praktis, di Indonesia seperti rri.co.id di mana kita bisa memilih saluran radio dari berbagai kota di Indonesia, serta perkembangan yang mampu membawa radio menjadi media yang tak hanya di dengar, melainkan juga dapat menyampaikan informasi melalui teks kepada khalayak untuk mendapatkan informasi yang lebih detail seperti www.npr.org .

BBC TV
BBC TV

Perkembangan ini pun juga mampu memberi dampak kepada televisi yang sekarang pun juga dapat disaksikan tanpa terbatas ruang dan waktu karena bisa diakses melalui internet. Seperti BBC News yang sudah mulai memanfaatkan internet untuk mengembangkan media nya dengan memunculkan program televisi online yang sudah terjadwal dan bisa dinikmati oleh khalayak seluruh dunia.

Di Indonesia pun salah satu media, yakni CNN Indonesia juga sudah memulai untuk melakukan TV Streaming.

Ternyata, perkembangan tersebut mampu memberi dampak kepada pemilik media untuk mengetahui minat dan kebutuhan informasi khalayaknya. Kemunculan perubahan dalam mengonsumsi berita atau informasi dalam satu media antara lain memberikan pertanda bahwa :

1. Berita mulai teragregasi

dokpri
dokpri

tangkapan layar pribadi
tangkapan layar pribadi
Merupakan berita yang dikumpulkan menjadi satu. Di Indonesia sendiri terdapat contoh dari berita yang teragregasi yakni, LINE TODAY yang merupakan media dengan menyajikan berbagai pilihan berita kepada khalayaknya dalam satu platform.

2. Berita yang dikelompokkan sesuai dengan bidangnya 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x