Mohon tunggu...
Berliana  Wusqo
Berliana Wusqo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Bismillah berusaha dan terus berusaha

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Moral AUD dalam Tahapan Perkembangannya

27 Oktober 2021   20:05 Diperbarui: 27 Oktober 2021   20:11 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Moral AUD (Sumber foto :Muslima.hops.id)

Pendidikan adalah merukapan suatu hal yang sangat penting bagi setiap generasi bangsa yang dimulai sejak dini, Tujuan pendidikan yakni untuk mengembangkan potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Pendidikan anak usia dini adalah serangkaian upaya yang sistematis dan terprogram dalam melakukan pembinaan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dicapai melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak siap masuk lebih lanjut. 

Rakihmawati dan Yusmiatinengsih (2012:21) mengemukakan bahwa masa kanak-kanak merupakan usia yang sangat penting untuk penanaman akhlak. Aspek emosional dan kognitif anak usia prasekolah (di bawah enam tahun) masih dalam tahap perkembangan.

Suyadi (2010:13) menyatakan ada 6 aspek yang harus dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini, yaitu:

  •  Nilai moral dan agama
  •  fisik motoric
  •  Kognitif
  •  Sosial emosional
  •  Bahasa
  •  Seni.

Keenam aspek ini sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, pendidikan karakter harus diberikan sejak usia dini. Hal ini harus menjadi perhatian bagi pendidik dan orang tua dalam mendidik anak menjadi orang yang berbudi luhur.

Nilai moral seorang anak ditentukan oleh nilai perilaku yang baik dan buruk. Pembentukan nilai moral seseorang dicapai melalui proses yang panjang. 

Pembentukan perilaku moral harus sengaja diperkenalkan dan ditanamkan sejak dini. Selain itu, anak-anak memiliki beberapa karakteristik yang unik, mereka aktif, mereka ingin tahu, mereka egosentris, mereka memiliki jiwa petualang, mereka memiliki daya konsentrasi yang pendek, mereka memiliki imajinasi yang tinggi dan mereka suka berteman sehingga anak-anak dapat tumbuh. 

Dan berkembang lebih baik jika mereka dicintai, pengertian dan pengasuhan. dalam damai dan harmoni dengan orang-orang di sekitarnya. 

Dalam perkembangan moral, anak usia dini masih banyak belajar tentang berbagai hal dalam kehidupannya. Anak-anak belajar mengamati, mengenali, dan melakukan apa yang mereka inginkan.

Menjelaskan bahwa upaya untuk memperoleh sikap dan perilaku moral pada anak usia dini dapat dilakukan melalui kegiatan rutin; aktivitas spontan; Contoh kegiatan; dan kegiatan yang direncanakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun