Manajemen Public Relation (MPR) berarti melakukan penelitian, perencanaan, pelaksanaan dan Evaluasi terhadap berbagai kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi. Untuk mempermudan dalam mengingat dan mendefinisikan Public Relations ada 6 kata kunci yaitu: sengaja (deliberate), terencana (planned), kinerja (performance), kepentingab masyarakat (interest), komunikasi dua arah (two woy communication), fungsi manajemen (management functional).
Dalam pelaksanaan kerjanya, seorang PR menggunakan konsep manajemen untuk mempermudah dalam pelaksanaan tugas-tugas mereka, proses seorang PR sepenuhnya mengacu pada pendekatan manajerial.
Implementasi MPR di Bank Indonesia. Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral tugasnya yaitu menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter yaitu kebijakan terkait suku bunga bank dan surat-surat berharga. BI memiliki prinsip pengelolaan komunikasi satu pintu, biro humas mengkoordinasi seluruh pelaksanaan komunikasi dengan stakeholder internal maupun eksternal dengan tujuan konsistensi pesan, dan mencegah terjadinya redundancy (pengurangan, penambahan/melebih-lebihkan sebuah informasi).
Aktivitas program/channel komunikasi insidentiil memiliki prinsip dikelola aecara kasuistis dan quick response. BI juga memiliki dan acuan pelaksanaan program komunjkasi, diantaranya: mengutamakan bahasa yang mudah dipahami publik, konsisten melaksanakan program komunikasi yang direncanakan secara berkesinambungan.
Dasar-Dasar Pengenalan Komunikasi BI
1. Reputation is about Perception, reputasi itu dibangun dari sebuah persepsi.
2. Stakeholder utama BI:Â
a. Lembaga Eksekutif dan Legislatif, berfungsi sebagai kebijakan otoritas moneter dan otoritas fiskal.
b. Pelaku Pasar, berfungsi sebagai acuan penting dalam kegiatan bisnis.
c. Perbankan, berfungsi sebagai channeling bagi efektivitas pelaksanaan.
d. Pengamat Ekonomi & Akademis, berfungsi memberikan pandangan, masukan, analisis dan kritik.
e. Media dan masyarakat umum, berfungsi untuk menjembatani kepentingan bank sentral terhadap publik dan sebaliknya.
f. Internal
Struktur Organisasi Biro Humas RI
1. Kepala Biro Humas
2. Tim Relasi Internal dan Tim Relasi Eksternal
3. Tim Riset dan Analisis Kehumasan