Gayahidup

Ingin Turun Berat Badan? Olahraga Lari Jawabannya!

13 Oktober 2017   15:40 Diperbarui: 14 Oktober 2017   02:57 1246 0 0
Ingin Turun Berat Badan? Olahraga Lari Jawabannya!
Sumber ilustrasi gambar : https://www.bintang.com

Olahraga lari merupakan olahraga yang tidak hanya sekedar mudah dan murah saja, melainkan olahraga lari juga dapat dilakukan kapan dan dimana saja serta memiliki banyak manfaat bagi kita. Olah raga lari juga merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat diperlombakan dengan nilai hadiah yang tidak sedikit pula. Selain itu, olahraga lari dapat dijadikan salah satu pilihan dalam gaya hidup sehat selain dari mengkonsumsi makanan yang bergizi, bernutrisi dan berserat.

Berikut adalah manfaat dari olahraga lari yang akan kita peroleh jika dilakukan secara rutin :

Menurunkan berat badan. Olahraga lari adalah cara tercepat untuk membakar kalori. Jika Kita melakukannya secara rutin, maka dalam waktu singkat Kita dapat menurunkan berat badan Kita. Hal ini dikarenakan pada saat melakukan olahraga lari, tubuh kita melakukan pembakaran kalori kurang lebih sebanyak 60 kalori per 1 km yang kita tempuh dengan gerakan atau kecepatan biasa, namun jika kita menggunakan kecepatan lebih tinggi, maka kita dapat membakar kalori dari tubuh kurang lebih sebanyak 120 kalori per 1 km60 kalori per 1 km.

Kesehatan jantung. Saat Kita berlari, maka sirkulasi darah Kita menjadi lancar. Ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.

Meningkatkan daya tahan tubuh. Terbukti dalam sebuah penelitian bahwa olahraga lari yang dilakukan secara teratur akan meningkatkan ketahanan tubuh. Kita akan terhindari dari alergi, batuk, juga flu.

Koordinasi tubuh yang baik. Saat Kita berlari, maka sistem koordinasi tubuh Kita akan terlatih. Misalnya tangan dan mata, atau kaki dan mata, serta lainnya.

Penyingkir stres. Saat Kita berlari, maka sistem pernafasan Kita akan bekerja maksimal menerima dan mengeluarkan udara. hal tersebut membantu menyingkirkan stres dalam tubuh.

Mempercepat kerja otak. Sirkulasi darah yang baik saat berlari akan membuat banyak oksigen masuk dalam jaringan tubuh, termasuk juga otak. Ini akan menyehatkannya.

Kesehatan pencernaan. Joging akan membuat proses metabolisme tubuh lancar, termasuk menyehatkan juga kesehatan pencernaan.

Mengurangi resiko diabetes. Joging memotong resiko Kita menderita diabetes hingga setengahnya.

Tidur nyenyak. Usai berlari, maka otot tubuh Kita lelah dan mengirimkan sinyal untuk beristirahat. Ini baik bagi Kita yang mengalami gangguan tidur, sebab tidur Kita akan menjadi nyenyak.

Menunda penuaan. Kebiasaan berolahraga akan membuat Kita berkeringat, dan itu merangsang toksin racun keluar melalui pori-pori. Efeknya kulit sehat, dan Kita tetap terlihat muda.

Baik bagi kesehatan lutut. Melakukan olahraga lari dapat berperan pada lutut yang sehat, bahkan pada penderita arthritis sekalipun. Studi menunjukkan bahwa mereka yang melakukan olahraga lari dapat menurunkan risiko arthritis pada lutut dan pinggul, serta merangsang pertumbuhan tulang rawan pada lutut.

Mencegah osteoporosis. Olahraga lari dapat memicu pembentukan sel-sel tulang baru. Hal ini yang membuat tulang Kita menjadi lebih kuat dan dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis di kemudian hari.

Tips Melakukan Olahraga Lari

Meski mudah dan dapat dilakukan kapan saja, sebaiknya Kita mengetahui beberapa tips di bawah ini agar hasil yang didapatkan lebih maksimal dan dapat mengurangi risiko cedera yang mungkin terjadi.

Pilih sepatu yang tepat guna mengurangi risiko cedera.

Lakukan pemanasan sebelum memulai.

Mulailah dengan berjalan selama 10 - 30 menit.

Sisipkan lari setidaknya selama 2 menit jika Kita sudah cukup kuat berjalan selama 30 menit.

Perpanjang durasi lari Kita secara perlahan hingga Kita mampu berlari selama 30 menit.

Lakukan pendinginan dengan berjalan pelan agar detak jantung Kita kembali normal.

Selain mengikuti beberapa tips di atas, jika Kita baru pertama kali melakukan olahraga lari, sebaiknya Kita mulai dengan melakukannya secara rutin dua kali seminggu. Dan jika Kita memiliki kondisi tertentu, sebaiknya Kita mengonsultasikannya lebih dahulu kepada dokter Kita.

Rutin melakukan olahraga lari memang dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Tapi memperhatikan beberapa hal sebelum memulai olahraga ini dan mengkombinasikannya dengan makan makanan sehat serta gaya hidup yang sehat juga tidak kalah penting. Agar hasil yang dicapai dari olahraga ini dapat lebih maksimal.

Informasi mengeni manfaat dan tips dari olahraga lari ini dapat dipergunakan juga untuk kita mempersipkan diri dalam  menyambut Mandiri Jakarta Marathon 2017 yang akan diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 29 Oktober 2017, informasi lebih lanjut silahkan kunjungi di situs Jakarta Marathon 2017.