Mohon tunggu...
BERKAT BERKAT RIDHO SAGALA
BERKAT BERKAT RIDHO SAGALA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seseorang yang pantang menyerah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pentingkah Bursa Efek terhadap Keputusan Gen Z untuk Berinvestasi

16 Mei 2024   00:00 Diperbarui: 16 Mei 2024   00:05 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelum masuk ke dalam pokok permalasalah mari kita cari tau apa itu investasi, Investment atau investasi adalah suatu kegiatan menanamkan modal, baik secara langsung maupun tidak. Dengan berinvestasi, Anda nantinya akan mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut sesuai dengan jenis investasi yang dipilih (cimbniaga). Sebagian ahli ekonomi memandang bahwa pembentukan investasi merupakan faktor penting yang bertanggung jawab terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi suatu negara.
 
Sesuatu yang kita lakukan pasti memiliki manfaat dan resikonya, manfaat investasi investasi adalah mendapatkan keuntungan pada masa yang akan datang melalui suatu produk yang terdapat pada lembaga keuangan yang dilakukan saat ini dengan tujuan mendapatkan keuntungan dimasa yang akan datang. Dan investasi juga memiliki resiko, resiko investasi mengacu pada kemungkinan terjadinya kerugian atau ketidakpastian dalam hasil investasi.
 
Bursa Efek didirikan untuk menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan atau sarana perdagangan Efek. Dengan tersedianya sistem dan atau sarana yang baik, para Anggota Bursa Efek dapat melakukan penawaran jual dan beli Efek secara teratur, wajar, dan efisien. 

Jadi salah satu manfaat mempelajari bursa efek adalah kita dapat melihat, mempelajari dan mengamati perusahaan apa yang memiliki potensi untuk menaikkan harga sahamnya. Untuk itu kita jadi tidak asal asalan dalam berinvestasi karena itu memiliki resiko, salah satunya adalah berpotensi menyebabkan hilangnya nilai investasi.
 
Jadi kita dapat melihat dan mempelajari bursa efek untuk mengambil keputusan dalam berinfestasi agar mengurangi resiko dalam berinfestasi
Jadi melihat dan mempelajari Bursa efek bagi Gen Z dalam mengambil keputusan untuk berinvestasi menjadi sangat penting. Dimana bursa efek memiliki pengaruh besar untuk melihat dan mengetahui kita dalam berinvestasi. 

Mengingat saat ini banyak sekali aplikasi yang memberikan kemudahan dalam berinvestasi, Bursa efek dapat menjadi patokan untuk melakukan investasi, terutama untuk Gen-Z agar menunjang kesadaran untuk berinvestasi dan meminimalisir resiko keuangan di masa depan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun