Mohon tunggu...
Usaha Desa
Usaha Desa Mohon Tunggu... -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Money

Perempuan Berperan Besar di UMKM Pedesaan

3 Mei 2016   16:37 Diperbarui: 6 Oktober 2016   11:15 27 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Bicara UMKM di Indonesia, maka tak bisa lepas dari peran kaum perempuan. Apa pasal? Karena kaum inilah yang menjadi pelaku sebagian besar UMKM utamanya yang hidup di wilayah pedesaan. Mereka membuktikan, ditengah kesibukannya mengasuh anak dan mengurus rumah tetap memiliki energi untuk mencari tambahan pendapatan sang suami.

Kenyataan ini terlihat dari Pelatihan Desapreneur yang digelar Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, minggu lalu. Acara yang dihelat Desa Panggungharjo bekerjasama dengan Usahadesa.com itu diikuti 70-an perempuan yang sebagian telah berusia lebih dari setengah abad. Hebatnya, meski sudah berumur, para perempuan pelaku UMKM itu sama sekali tidak ragu untuk terus maju. Buktinya, mereka tekun mengikuti pelatihan padahal itu adalah pelatihan untuk berjualan online.

Yang lebih mengagetkan, hampir seluruh peserta datang dengan membawa beragam produk yang mereka telah buat dan pasarkan selama bertahun-tahun. Ada beragam produk mulai dari kuliner, boneka hingga sepatu rajut dan berbagai hasil kerajinan lain. Mereka sangat antusias untuk meningkatkan kapasitas usahanya dengan memasuki pasar online melalui Usahadesa.com.

Sulastri, seorang pengrajin sepatu rajut mengungkapkan, selama ini dirinya menganggap berjualan di toko online terlalu rumit. “ Tapi setelah mengikuti pelatihan Usahadesa.com saya menjadi tahu ternyata tidak serumit yang saya bayangkan karena semua prosesnya sudah diatur,” katanya. Hal yang sama juga disampaikan Danti, pengrajin mainan edukatif dari kayu limbah yang selama ini juga sudah mulai menjual produk melalui online.

Danti bercerita dirinya bahkan sudah menjadi pelapak pada beberapa toko online dan E-dagang ternama di dunia dan di Indonesia.” Saya juga menjual pada E Dagang internasional yang berbayar. Tapi baru merasa nyaman setelah bertemu dengan Usahadesa.com,” kata Danti. Hari itu juga Danti dan sebagian perserta mendaftarkan diri menjadi penjual alias vendor, gratis. “ Yang lain pada belum mendaftar karena sudah pada sepuh (baca: tua) sehingga tidak mampu mengisi form pendaftaran online melalui Smartphone-nya. Tapi mereka juga antusias dan bakal meminta anak-anaknya untuk segera mendaftar,” ujar Danti.

Kepala Desa Panggungharjo Wahyudi Anggoro Hadi, S.Farm., Apt menyatakan pemerintah Desa Panggungharjo saat ini memang sedang getol mengenalkan perdagangan internet pada warganya agar warga mendapatkan pasar yang lebih luas bagi produk-produk lokal yang mereka buat. “ Makanya kami sangat gembira bekerjasama dengan Usahadesa.com yang memiliki visi yang sama yakni peningkatan ekonomi desa dan UMKM,” katanya. Desa Panggungharjo bahkan telah menyiapkan langkah yang akan membantu warga yang memiliki produk lokal yang ingin berjualan internet dengan menyediakan konsultan dan ruangan khusus untuk melayani para pelaku UMKM.

Managing Director PT Usaha Desa Sejahtera Mohammad Najib menjelaskan, pelatihan itu adalah bagian dari edukasi sosial bagi warga mengenai betapa besarnya peluang toko online untuk menjual produk lokal desa. “ Kami perusahaan sosial yang memiliki visi ingin mendorong peningkatan ekonomi desa, salahsatunya dengan membangun website E-Commerce bernama Usahadesa.com, ini adalah E-Commerce yang hanya menjual produk lokal Indonesia dan diutamakan produk desa dan UMKM.” Indonesia adalah salahsatu pasar empuk di Asia bagi semua perusahaan E commerce, makanya E Commerce marak di sini. Masalahnya kita ini hanya diperlakukan sebagai pembeli, bukan produsen maka kami membangun E-dagang bagi UMKM dan produk-produk desa sebagai wadahnya,” ujar dia.

Tak hanya E Commerce, Usahadesa juga membangun portal informasi sebagai cara melakukan pendidikan sosial melalui www.berdesa.com dan membuka akses luas bagi setiap warga Indonesia untuk bisa mengakses berbagai tutorial di www.desabelajar.com. “ E Dagang hanyalah salahstau instrumen peningkatan ekonomi desa dan UMKM. Cita-cita besar Usahadesa adalah memberi kemudahan bagi setiap desa di Indonesia untuk bisa membeli produk yang murah untuk kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan peningkatan kapasitas ekonomi misalnya bahan baku produk yang mereka buat sekaligus bisa menjual berbagai produk di desanya sendiri. “Usahadesa.com adalah gerbang pemasaran bagi banyak  produk desa dan UMKM se Indonesia,” katanya. (ary adji HS)

Baca juga: Hebatnya Peran Perempuan pada UMKM di Desa


Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan