Digital Pilihan

Berbagai Tips Meningkatkan Kecepatan Wifi

29 Januari 2019   15:08 Diperbarui: 13 Februari 2019   15:10 184 0 1
Berbagai Tips Meningkatkan Kecepatan Wifi
cara meningkatkan kecepatan wifi (https://www.amazon.com)

Cara Meningkatkan Kecepatan WiFi Pada Perangkat dengan Mengoptimalkan Pengaturan Untuk Meningkatkan dan Memperluas Jangkauan Sinyal

BERBAGAITIPS - Kecepatan WiFi Anda mungkin tidak terlalu memikirkannya hingga film yang Anda sedang tonton mengalami gangguan. Atau file Anda tidak dapat diunggah ke cloud. 

Atau browser web Anda terus berputar tanpa memuat halaman yang Anda inginkan. Dengan jutaan pengguna yang menghubungkan perangkat mereka ke WiFi di seluruh dunia, tidaklah heran jika semua orang ingin mengetahui bagaimana cara meningkatkan kecepatan WiFi sehingga mereka bisa melakukan aktivitas mereka dengan cepat.

Cara Meningkatkan Kecepatan WiFi

Letakkan router di tempat terbuka. Kecepatan koneksi dipengaruhi oleh jarak, penghalang (dinding, lantai, dan langit-langit), gangguan listrik dan jumlah pengguna pada jaringan.

Untuk sinyal terbaik, letakkan router Anda di tempat terbuka di lantai utama rumah, yang jauh dari dinding dan halangan. Anda juga bisa mencoba mengarahkan anterna secara tegak lurus, satu antena horizontal dan yang lainnya secara vertikal.

Untuk mengetahui dimana titik buat nirkabel di rumah, Anda dapat menggunakan aplikasi seluler, seperti CloudCheck untuk mengujinya. Aplikasi ini dapat membantu Anda mengidentifikasi lokasi kekuatan sinyal yang paling baik untuk Anda.

Gunakan teknologi WiFi terkini. Teknologi berubah dengan sangat cepat, dan salah satu cara terbaik untuk mempercepat jaringan WiFi adalah dengan menggunakan hardware terbaru. Nirkabel-N (802.11n) dan Nirkabel-AC (802.11ac) adalah teknologi yang lebih baru dan cepat, dengan Nirkabel-A (802.11a), -B (802.11b), dan -G (802.11g) lebih tua dan lambat. Perangkat Nirkabel-AC yang terbaru memiliki kecepatan transfer data 3x lebih cepat daripada model Nirkabel -B/G/N.

Pastinya, Anda juga perlu mengamankan jaringan WiFi dengan kata sandi sehingga orang lain tidak dapat mengakses dan menggunakan jaringan dan koneksi Anda dengan bebas.

Batasi perangkat dan optimalkan pengaturan. Ada beberapa tips untuk membatasi perangkat dan mengoptimalkan pengaturan, antara lain:

  • Quality of Service (QoS), dimana beberapa perangkat memiliki pengaturan ini yang dapat Anda gunakan untuk mengontrol aplikasi mana yang mempunyai prioritas akses ke bandwidth internet. Contohnya, Anda ingin memprioritaskan panggilan video jika memiliki banyak rapat dan menurunkan prioritas unduhan file dari cloud, dll.
  • Pastikan router WiFi memiliki update terbaru ke firmware.
  • Alangkah lebih baik menghubungkan perangkat seperti pc, langsung ke router untuk memberikan bandwidth yang lebih baik.
  • Gunakan alat WiFi Analyzer atau WiFi Scanner untuk mengidentifikasi saluran router dengan bandwidth yang lebih besar yang akan memberikan peningkatan kecepatan internet.

Berbagai Tips Lainnya

  1. Gunakan extender jangkauan nirkabel. Dimana ini berfungsi untuk meningkatkan sinyal ke titik yang tidak terjangkau di rumah atau kantor Anda. Misalnya, jika router berada di lantai pertama rumah, Anda ingin menambahkan extender jangkauan nirkabel di lantai lain untuk meningkatkan sinyal. Ini sangat membantu di area dengan tembok yang tebal atau struktur fisik lainnya yang dapat menghambat sinyal nirkabel.
  2. Menambah titik akses. Pikirkan titik akses seperti membuat jaring nirkabel di sekitar rumah Anda. Titik akses mentransmisikan sinyal internet ke satu sama lain untuk membuat jaringan nirkabel. Ini dibuat untuk ruangan besar dengan beberapa lantai.
  3. Mempercepat aliran data. Dengan sedikit pengetahuan serta ketekunan, Anda dapat menyesuaikan pengaturan router nirkabel untuk meningkatkan kecepatan koneksi WiFi dan memperluas jaringan.