Mohon tunggu...
Anjar Anastasia
Anjar Anastasia Mohon Tunggu... Penulis - ... karena menulis adalah berbagi hidup ...

saya perempuan dan senang menulis, menulis apa saja maka lebih senang disebut "penulis" daripada "novelis" berharap tulisan saya tetap boleh dinikmati masyarakat pembaca sepanjang masa FB/Youtube : Anjar Anastasia IG /Twitter : berajasenja

Selanjutnya

Tutup

Diary

Caraku Menjaga Diri adalah...

7 Mei 2021   08:31 Diperbarui: 7 Mei 2021   12:00 506
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar dan pengolahan dokpri

Melihat reaksinya, saya nggak bisa nahan tawa. Mukanya itu seperti memelas sementara kalimatnya terus mendesak saya supaya cerita atas apa yang ia tanyakan.
Dengan alasan supaya dia bisa bantu jelaskan kalau ada yang bertanya, dia terus berusaha keras agar saya menjawab penasarannya itu.

Akhirnya saya jawab dengan senyum. Mencoba mengalihkan pembicaraan dengan membahas cerita lain.
"Kamu tuh kenapa sih mbak? Tumben nggak mau terbuka seperti biasa?" dia masih menyimpan penasarannya.
"Enggak kok... Aku nggak berubah. Cuman, sekarang mencoba menahan diri saja tidak bercerita ke banyak orang."
"Lho, cerita itu kan bisa meringankan beban?" Masih usaha dia hehe
"Betul. Aku tetap cerita tentang semua kejadian hidupku terutama kepada Mas Renjana dan beberapa orang sahabat yang kupercaya."
"Mmm... Berarti Mbak nggak percaya padaku?"
Saya tersenyum. "Aku percaya padamu... Selalu.... Hanya tidak ingin menambah beban dirimu atas cerita hidupku saja..."

Rada sulit memang kalau ada yang cerita, embel-embelnya bilang "Jangan bilang ke siapa-siapa tapi ya..."
Bisa jadi kita memang tidak cerita ke siapa pun. Disimpan sendiri.
Pada kenyataannya seringkali cerita itu malah beredar luas, entah siapa dari siapa. Bukan dari kita yang dipercaya untuk tidak bilang ke siapa-siapa itu.

Bagi saya sih, berusaha menyimpan cerita yang dipercaya itu untuk diri sendiri saja atau bahkan seringkali terlupa begitu saja. Kalau diingatkan baru ingat kembali.
Kalau kebalikannya?
Ya seperti yang saya lakukan pada cerita di atas.
Nggak perlu banyak orang tahu.
Kalau diperlukan baru saya cerita, kalau tidak ya tidak perlu seluruh dunia tahu kan...

Itulah salah satu cara saya menjaga diri.
#katanjar #anj2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun