Mohon tunggu...
Benny Rhamdani
Benny Rhamdani Mohon Tunggu...

Menulislah hal yang bermanfaat sebanyak mungkin, sebelum seseorang menuliskan namamu di nisan kuburmu. http://bennyrhamdani.com/ | follow @bennyrhamdani_

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Telaga Warna, Antara Keindahan Alam dan Mitos

30 Juni 2015   09:55 Diperbarui: 30 Juni 2015   10:10 0 4 4 Mohon Tunggu...

 

 

                   Keindahan Telaga Warna, Jawa Barat. (Foto: Raiyani Muharramah)

 

 

Jika mengetik kata Telaga Warna  di mesin pencari data di Internet, maka banyak rujukan yang akan ditemui. Salah satunya dan berada di Jawa Barat adalah Telaga Warna Puncak Bogor. Objek wisata ini berada di dekat perkebunan Teh PTP VII Gunung Mas.

Tidak sulit untuk mencapai Telaga warna yang menawarkan keindahan alam nan asri. Dari arah Bandung cukup melaju ke arah puncak, baik dengan kendaraan pribadi maupun umum. Begitu sampai Jalan Raya Puncak sekitar sebuah rumah makan ternama, perlambat kendaraan agar tak terlewati. Maklum, papan penunjuk arah menuju lokasi tak terlalu besar.

Dari sisi jalan cukup berjalan kaki sekitar 10 menit untuk mencapai tujuan. Harga tiket Rp2.500 per orang, tapi Rp15.000 bila warga negara asing.  Setelah itu pengunjung akan menemukan pemandangan indah dilatar belakangi persawahan dan perkampungan penduduk dengan gunung yang menjulang tinggi.

 

                   Papan penunjuk di Telaga Warna, (Foto: Raiyani Muharramah)

 

Kawasan Taman Wisata Alam  (TWA) Telaga Warna ini menawarkan panorama alam yang masih asri. Berada di ketinggian 1.400 meter dari atas permukaan laut (dpl), Telaga Warna merupakan sebuah telaga/danau yang diapit sebuah bukit yang membatasi wilayah Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur.

Warna air telaga bisa berubah-ubah setiap saat. Terkadang hijau menyatu dengan warna pepohonan yang mengelilinginya. Di saat lain warna air bisa menjadi cokelat, kuning gelap, sampai kuning terang. Itu sebabnya telaga ini dinamakan Telaga Warna.

Secara ilmiah, perubahan warna itu dapat disebabkan oleh ganggang  di telaga. Tumbuhan jenis algae ini bisa berubah-ubah warnanya sehingga air danau pun ikut terlihat berubah warna. Pendapat lain menyebutkan perubahan warna air ini akibat pantulan sinar matahari yang menerpa tumbuh-tumbuhan di sekeliling telaga.

Keistimewaan lainnya, di tempat ini wisatawan bisa menjumpai beberapa jenis flora asli hutan tropika pegunungan, seperti Paku Tiang, Rame, dan Rotan.

Wisatawan juga bisa menemui beberapa jenis fauna liar, seperti hewan mamalia, primata, aves, dan reptilia. Adapun mamalia yang masih ada ialah macan tutul dan babi hutan. Kemudian jenis primata yang dilindungi di objek wisata Telaga Warna ialah kera abu-abu, surili , dan lutung.

Telaga Warna juga sangat cocok untuk rekreasi keluarga. Ada wahana yang pasti akan disukai anak-anak yakni flying fox. Berbeda dengan flying fox di tempat lain, wahana ini cukup ekstrim  karena melintasi telaga.

Pengunjung yang datang bersama keluarga juga bisa mengarungi telaga menggunakan perahu atau rakit. Bahkan ada juga sepeda air yang sangat aman dan menyenangkan untuk dipakai sambil menikmati keindahan telaga.

Bagi penggemar fotografi, Telaga warna cocok dijadikan obyek karena setiap sudut begitu indah. Kerap pula ditemuka pasangan calon pengantin melakukan sesi pemotretan pre wedding di sini. Bisa juga sebagai arena untuk yang sedang belajar fotografi alam.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2