Mohon tunggu...
Benedictus Adithia
Benedictus Adithia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kompasiana Youth Creator Batch 1 | Journalism Enthusiast

Ben mendefinisikan dirinya sebagai multiplatform storyteller, mencoba mengemas sebuah isu menjadi laporan mendalam berbasis jurnalistik menggunakan pendekatan informasi data sumber terbuka. Follow me on Instagram: @benedictus._

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Artikel Utama

Dear Mahasiswa, Ini Tips Simpan File Skripsi Kamu Supaya Gak Gampang Hilang!

3 November 2023   19:57 Diperbarui: 5 November 2023   02:23 924
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tips penyimpanan file skripsi mahasiswa. (Unsplash/Immo Wegmann)

Sebagai seorang mahasiswa akhir, skripsi adalah salah satu tugas terpenting yang harus diselesaikan. 

Sebagai bagian dari penyelesaian akademik di tingkat pendidikan tinggi, skripsi tidak hanya menjadi simbol akhir dari perjalanan akademik, tetapi juga merupakan karya penting yang memerlukan banyak usaha dan waktu. 

Oleh karena itu, menjaga file skripsi agar tidak hilang atau rusak adalah hal yang sangat penting. 

Saya ingin berbagi beberapa tips dan pengalaman pribadi saya dalam menyimpan file skripsi agar terhindar dari risiko kehilangan.

Berikut beberapa langkah yang bisa kalian coba:

1. Backup File secara Rutin

Salah satu langkah paling dasar, namun sering kali diabaikan, adalah melakukan backup rutin. 

Saya telah belajar dari pengalaman pahit teman-teman saya yang kehilangan file proyek skripsi mereka karena tidak melakukan backup secara teratur. 

Sejak saat itu, saya membuat kebiasaan untuk melakukan backup setiap kali saya melakukan perubahan signifikan pada file skripsi saya. 

Saya memiliki dua jenis backup, yaitu lokal dan cloud. Backup lokal dilakukan pada hard drive eksternal yang saya selalu bawa.

Sementara backup cloud saya lakukan menggunakan layanan penyimpanan berbasis cloud seperti Google Drive atau Dropbox. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun