Mohon tunggu...
feri anto
feri anto Mohon Tunggu... Menulis untuk Indonesia

Menulis bukan cuma untuk kepentingan diri sendiri, tapi untuk membantu mewujudkan cita-cita orang lain, dan membuatnya menjadi berarti.

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Pensiun di Usia Dini ? Kenapa Enggak

29 November 2018   12:13 Diperbarui: 29 November 2018   12:39 516 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pensiun di Usia Dini ? Kenapa Enggak
Dokpri.

Jangan Lupa Mempersiapkan Masa Pensiun

Para karyawan dan wiraswasta pasti akan menjumpai saat dimana mereka tidak akan aktif lagi dalam bekerja. Suatu hari kelak, karyawan dan orang yang bekerja menjadi wiraswasta sekalipun, pasti akan memasuki masa pensiun. 

Masa pensiun bisa dibilang masa dimana mereka tidak lagi produktif, kinerja menurun dan tidak lagi kuat untuk menjalankan mobilitas mereka sebagai pekerja. Maka dari itu kita dituntut untuk bisa menyiapkan masa pensiun, jangan karena kita masih muda dan aktif bekerja, lalu kita lupa mempersipakan diri. Sebagai kaum milenial kita waji menyiapkan masa pensiun kita sedari dini;

1.Jangan Remehkan Usia

Bila kita mempunyai anggapan, 'Belanda masih jauh'. Itu merupakan langkah yang keliru, justru karena kita masih muda, kita mempunyai banyak waktu luang untuk mempersiapkan diri. Jangan terlena dengan usia muda. Waktu yang masih banyak justru, menjadikan kita bisa meraih kualitas hidup yang lebih baik dengan kemungkinan yang lebih besar.

2.Jangan Ambil Manfaat Jaminan Sosial Terlalu Cepat

Harus kalian ingat bahwa jaminan sosial diperlukan saat kita mengalami situasi sulit. Tapi jika kita tidak sedang da;am posisi sulit, sebaiknya mafaat jaminan sosial jangan kita ambil. Ambilah jaminan sosial ini saat hari tua nanti. Sehingga kita bisa memetiknya dengan tenang dan puas.

3.Terlalu Boros

Mentang-mentang masih muda dan belum berkeluarga, lalu anda bersikap boros terhadap pengeluaran anda. Sebaiknya anda berhemat dan merencanakan pengeluaran anda dengan baik.

4.Jangan Lupa Berinvestasi

Kalau anda mempunyai pikiran  berinvestasi bisa menimbulkan kerugian, maka anda benar. Tapi seharusnya anda bisa melihatnya lebih jauh, kerugian hanya akan anda peroleh jika anda tidak mengetahui resiko investasi yang anda tanamkan. Ada baiknya jika anda memilih investasi sesuai dengan kemampuan keuangan anda, tapi investasi itu bisa memberikan anda hasil yang cukup baik. Maka itu pelajarilah jenis investasi yang ditawarkan. Kenali resiko dan keuntungan yang bisa didapatkan dari sebuah investasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN