Mohon tunggu...
bella novi
bella novi Mohon Tunggu... mahasiswa

menuangkan isi pikiran dengan tulisan

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Inovasi Hijab Motif Batik Gajah Oling Banyuwangi

19 April 2025   11:42 Diperbarui: 19 April 2025   12:07 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kunjungan mahasiswa asing

Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jember, Bella Novi Yanti, melalui inovasi hijab bermotif batik khas Banyuwangi, yakni Batik Gajah Oling. Produk ini merupakan hasil karya kreatif dan inovatif yang menggabungkan hijab polos dengan motif Batik Gajah Oling Banyuwangi melalui brand Novians Hijab yang dikembangkan di bawah naungan usaha miliknya, Izdihaar. Berawal dari produksi hijab polos berbahan polycotton grade A yang nyaman dan elegan, Bella kemudian melangkah lebih jauh dengan menggabungkan unsur budaya lokal dalam desain hijab.

Motif Gajah Oling memiliki makna filosofis yang mendalam: "eling" dalam bahasa Jawa berarti "ingat", merujuk pada pengingat manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Motif ini digambarkan seperti belalai gajah berbentuk tanda tanya, simbol keagungan dan kesadaran spiritual. Selain memperkuat identitas budaya, produk ini juga membawa misi sosial. Izdihaar tidak hanya berorientasi pada keuntungan, melainkan juga membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, mendorong kreativitas pemuda, serta memanfaatkan media digital sebagai alat pemasaran.

Dalam strategi pemasarannya, Novians Hijab aktif di berbagai platform digital seperti Instagram dan e-commerce Lazada. Tak hanya itu, mereka juga rajin mengikuti event dan bazar untuk memperluas jangkauan pasar. Produk hijab batik Gajah Oling sendiri hadir dengan berbagai pilihan warna kekinian seperti milo, cream, baby blue, dusty pink, hingga dark grey. Harganya pun terjangkau, dengan kualitas yang tetap menjadi prioritas. Hijab ini dikemas dengan elegan, bahkan bisa dijadikan hampers eksklusif.

Menurut hasil analisis SWOT yang dilakukan Bella, produknya berada pada posisi strategi agresif. Dengan kata lain, Izdihaar disarankan untuk terus memperkuat branding, melakukan ekspansi pasar, meningkatkan inovasi produk, dan memberikan pelayanan pelanggan yang personal dan responsif.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun