Halo teman-teman, apa kabar semuanya? semoga kalian tetap sehat dan selalu menjaga kesehatan ya. Kalian pasti sudah tau media sosial , kini digemari oleh anak muda sampai orang tua. Karna hanya cukup bermodalkan ponsel berbasis internet yang mudah dibawa ke mana saja, informasi jadi lebih mudah dicari dan didapatkan. Maka tak heran, media sosial juga sangat berperan penting bagi perusahaan. Media baru ini bersifat interaktif, horisontal dan mencerdaskan yang membuat cara berkomunikasi berubah sama sekali.Â
Jaringan sosial juga bermanfaat bagi usaha kecil dan menengah dalam pengelolaan hubungan pelanggan. Perusahaan bisa mendapatkan feedback tepat waktu pada sentimen konsumen yang berkaitan dengan inisiatif kebijakan dan program kegiatan terbaru, sehingga dapat membuat penyesuaian yang diperlukan.
Besarnya populasi, pesatnya pertumbuhan pengguna internet merupakan potensi bagi sebuah perusahaan untuk terus maju dalam menjalankan bisnis di era digital saat ini. Sebelum adanya kemajuan teknologi perusahaan menganggap jika media social mampu menurunkan produktifitas kinerja perusahaan, namun semakin pesat kemajuan teknologi diera globalisasi perusahaan mengubah mindset mereka untuk menjadikan social media sebagai alat untuk mengembang perusahaan mereka.
Dalam berkembangnya era teknologi perusahaan mampu mengembang usahanya melalui media social seperti, Facebook, Instagram, Twitter bahkan mereka mampu menyerbarkan informasi melalui artikel, yang dimana media social tersebut sebagai perantara komunikasi untuk memasarkan usaha yang mereka buat sehingga mampu meningkatkan keuntungan bagi perusahaan
Keuntungan dalam menggunakan media sosial sebagai alat menyediakan ruang dangan tidak hanya untuk memasarkan produk atau jasa kepada pelanggan namun juga untuk mendengarkan keluhan dan saran dari pelanggan. Sosial media meningkatkan efisiensi dari sebuah perusahaan, antara lain mengurangi beban biaya komunikasi serta dapat juga mengurangi biaya riset karena sosial media memudahkan untuk melakukan survey langsung kepada konsumen dan mendapatkan masukan langsung dari konsumen.
Media sosial kini telah banyak digunakan oleh penyedia produk dan jasa sebagai salah satu media promosi dan media komunikasinya. Apakah fungsi media soal hanya sebatas itu? Tentu saja tidak. Menurut saya, media sosial juga dapat dimanfaatkan oleh konsumen sebagai media untuk menyampaikan keluhan atau ungkapan ketidakpuasannya. Media sosial dinilai lebih efektif dalam menyampaikan keluhan, karena dapat dilihat secara langsung oleh masyarakat. Oleh karena itu, dalam hal ini perusahaan akan lebih sigap menanggapinya agar tidak merusak nama baik perusahaan atau mengurangi kepercayaan konsumennya.