Mohon tunggu...
Belfast Panindya
Belfast Panindya Mohon Tunggu...

Saya adalah seorang mahasiswa akuntansi yang sedang sibuk mengejar cita-cita. Memiliki hobi bercerita, berolahraga, dan menjalin relasi dengan siapa saja.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Prestasi Fenomenal Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon pada Tahun 2017

18 Januari 2018   22:24 Diperbarui: 18 Januari 2018   22:31 0 0 0 Mohon Tunggu...
Prestasi Fenomenal Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon pada Tahun 2017
20171211-pbsi-bwfaward-kevinmarcus-5a60be1ccf01b4042d4b4872.jpg

Dunia perbulutangkisan pada tahun 2017 benar-benar menjadi milik pasangan ganda putra asal Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon. Bagaimana tidak, pasangan yang terkenal dengan julukan "Duo Minions" ini berhasil mencetak sejarah baru dengan menjadi pasangan ganda putra pertama di dunia yang meraih 7 gelar Super Series dalam rentang waktu satu tahun. Selama tahun 2017, Kevin dan Marcus juga berhasil memecahkan rekor terbaru untuk pasangan ganda putra dengan masuk ke 9 final Superseries. Dari 9 final tersebut, hanya 2 final yang mengalami kegagalan, yaitu pada final Korea Super Series dan final Denmark Super Series Premier. Sementara itu, 7 final sisanya berhasil dimenangkan oleh pasangan ini. 

Pasangan "Duo Minions" mengawali tahun 2017 dengan sangat baik, mereka bisa meraih gelar di tiga turnamen Superseries awal secara berurutan, yaitu All England, India Open, dan Malaysia Open. Setelah 3 gelar tersebut, Kevin dan Marcus sempat mengalami penurunan performa dan gagal bersinar di Singapura Open, Indonesia Open, dan Korea Open. Satu minggu setelah Korea Open, mereka berhasil comeback dan menjuarai Japan Open. Penampilan apik pasangan ganda putra Indonesia ini berlanjut di turnamen China Open dan Hong Kong Open. Terakhir pada Desember lalu mereka berhasil meraih gelar juara di Dubai World Superseries Finals 2017. Tak pelak, hasil tersebut membuat Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) tidak ragu untuk menobatkan pasangan asal Indonesia ini menjadi pemenang penghargaan Male Player of the Year. Waow keren ya! Tentu ini menjadi sebuah pencapaian yang membanggakan bagi Indonesia. 

Berikut ini adalah beberapa artikel yang menunjukkan perjalanan spektakuler Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon pada tahun 2017 hingga berhasil meraih prestasi fenomenal: 

1. All England Open 2017, Kevin/Marcus Memberi Contoh Bagaimana Menjadi Juara

All England Open 2017, Kevin/Marcus Memberi Contoh Bagaimana Menjadi Juara
All England Open 2017, Kevin/Marcus Memberi Contoh Bagaimana Menjadi Juara

All England Superseries Premier merupakan turnamen tertua dalam dunia perbulutangkisan. Setiap tahunnya, pemain-pemain bulu tangkis terbaik dari berbagai negara bersaing ketat untuk bisa meraih gelar dalam kejuaraan yang diselenggarakan di Barclaycard Arena, Birmingham tersebut. Dalam turnamen yang sangat bergengsi ini, Kevin dan Marcus berhasil keluar sebagai juara sektor ganda putra setelah mengalahkan pasangan ganda putra Tiongkok, Li Junhui/Liu Yuchen di partai final. Tak tanggung-tanggung, "Duo Minions" hanya membutuhkan waktu 35 menit untuk menyelesaikan partai final dengan skor 21-19 dan 21-14.

Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon menjadi pasangan ganda putra Indonesia kesebelas yang berhasil membawa pulang trofi All England. Selain itu, gelar All England menjadi gelar SS/SS Premier keempat bagi "Minions" setelah pada tahun 2016 mereka berhasil menjuarai India Open, Australia Open, dan China Open. Kesuksesan Kevin dan Marcus menjuarai turnamen All England ini menjadi awal perjalanan spektakuler mereka pada tahun 2017.

Selengkapnya.

2. Kembali Pecundangi Angga/Ricky, Marcus/Kevin Pertahankan Podium India Open

Kembali Pecundangi Angga/Ricky, Marcus/Kevin Pertahankan Podium India Open
Kembali Pecundangi Angga/Ricky, Marcus/Kevin Pertahankan Podium India Open

Pasangan ganda putra asal Indonesia, Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon berhasil mempertahankan gelar juara nomor ganda putra India Open 2017, setelah pada tahun sebelumnya pasangan ini juga berhasil meraih juara untuk gelar yang sama. Pada babak final India Open tahun 2017, Kevin dan Marcus harus bertemu dengan sesama pasangan ganda putra dari Indonesia, yaitu Angga Pratama dan Ricky Karanda. Sempat ada perlawanan yang sengit dari Angga dan Ricky, terutama pada awal game pertama. Akan tetapi, berkat ketenangan dan permainan cepat yang diterapkan oleh "Duo Minions", akhirnya pertandingan yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut berhasil dimenangkan oleh Kevin dan Marcus dengan skor 21-11 dan 21-15. Gelar India Open menjadi gelar kedua mereka di tahun 2017 setelah sebelumnya berhasil menjuarai All England, namun pasangan ini belum berhasil menduduki peringkat pertama dunia pada nomor ganda putra karena di saat yang bersamaan pesaing terdekat mereka, Li dan Liu berhasil lolos hingga babak semi final.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3