Mohon tunggu...
Selviana
Selviana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Be yourself ✨

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengertian Pendidikan

3 Desember 2020   14:30 Diperbarui: 3 Desember 2020   14:38 41 1 0 Mohon Tunggu...

Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian baik secara langsung (bimbingan) ataupun secara mandiri (otodidak) . Menurut Ki Hajar Dewantara mendefinisikan pendidikan itu daya upaya untuk memajukan tumbuhnya budi pekerti, pikiran yang positif, dan anak secara perkembangan lebih terkondisikan agar pendidik dapat memajukan kesempurnaan hidup, kehidupan, dan penghidupan anak-anak selaras dengan dunianya. Ki Hajar Dewantara juga mencetuskan semboyan Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani untuk lambang pendidikannya yang didirikan di Taman Pintar.

Dengan demikian, Pendidikan itu sangatlah penting untuk mempersiapkan, memperbaiki kehidupan dimasa yang akan datang. Kehidupan yang lebih baik dari pada sekarang yang dijalaninya. Sebagian besar orang memang masih kurang paham akan peran pendidikan dalam kehidupan sehari-hari, makanya sebagian dari mereka lebih memilih untuk tidak berpendidikan lebih tinggi. Bukan berarti yang berpendidikan lebih tinggi memiliki peran yang penting dalam kehidupannya akan tetapi itu menjadi points tersendiri dan akan merasakan perubahan yang dialaminya.

Pendidikan juga memiliki arti yang luas, yaitu semua pengalaman belajar yang berlangsung di lingkungan dan berlangsung selama hidup. Sedangkan pendidikan dalam arti yang sempit memiliki pengertian bahwa pendidikan yang formal maupun non formal terjadi secara berlangsung di suatu sekolah atau tempat-tempat tertentu. Juga dalam arti yang luas tapi terbatas, yaitu pendidikan yang berlangsung di sekolah maupun luar sekolah melalui kegiatan pengajaran, pembelajaran, bimbingan, dan latihan untuk mempersiapkan masa depan peserta didik.

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa pendidikan itu dimulai sejak bayi lahir di dunia hingga akhir hayat, saya setuju dengan pendapat tersebut karena sejak dari bayi mereka sudah belajar dan pendidikan pada dasarnya tidak mengenal batas usia. Sudah tua pun mereka masih bisa belajar. Dalam Islam pun dikatakan bahwa pendidikan itu penting untuk kehidupan dikemudian hari, untuk bekal nanti. Salah satu peran pendidikan yaitu untuk mencerdaskan manusia, mengarahkan bagaimana caranya agar kehidupannya lebih baik lagi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x