Mohon tunggu...
Budi Christanto
Budi Christanto Mohon Tunggu... Blogger at day, gamer at night

Simple man with writing as his hobby, aside from other things such as binge-watching tv series, reading books, and 24/7 non-stop gaming.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

5 Fakta Kebakaran Hutan Australia, Menyeramkan!

14 Januari 2020   16:38 Diperbarui: 14 Januari 2020   16:55 136 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Fakta Kebakaran Hutan Australia, Menyeramkan!
Sumber: images3.alphacoders.com

Awal 2020 memberikan duka tersendiri kepada Australia dan dunia. Pasalnya, kebakaran hutan yang hebat dan terparah sepanjang sejarah sedang dialami oleh Australia. Kebakaran hutan yang berlangsung dari Juli 2019 ini melahap lebih dari 2000 rumah dan milyaran satwa khas Australia. 

Banyak faktor yang membuat kebakaran hutan semakin menjadi, salah satunya adalah suhu panas dan kekeringan yang terjadi. Selain itu, perubahan iklim yang ekstrim juga menyebabkan kebakaran hutan yang semakin hebat. 

Dilansir oleh ekosis.id, berikut adalah 5 fakta mengenai kebakaran hutan di Australia.

1. Titik api kebakaran hutan Australia

Fakta pertama adalah jumlah dan penyebaran titik api. Titik api sendiri hampir tersebar disemua negara bagian Australia namun yang paling parah adalah negara bagian New South Wales. 

Pada negara bagian tersebut, api telah melahap berbagai lokasi seperti lahan pertanian, hutan, bahkan taman nasional. Asap tebal hasil kebakaran hutan juga muncul di Melbourne dan Sydney.

2. Penyebab kebakaran

Penyebab kebakaran biasanya terjadi karena suhu panas yang cukup ekstrim. Suhu panas yang cukup ekstrim membuat dedaunan dan rumput menjadi kering dan mudah terbakar. Selain itu, cuaca ekstrim yang membuat sambaran petir yang menyambar pepohonan juga menjadi salah satu penyebab kebakaran hutan di Australia. 

Selain itu, manusia juga merupakah salah satu penyebab kebakaran. Kepolisian NSW sendiri telah menangkap setidaknya 25 orang yang menyalakan api dan menahan lebih dari 183 orang terkait kasus kebakaran hutan sejak November 2019.

3. Mengapa kebakarannya sangat parah?

Australia sendiri dikenal dengan kebakaran hutan dan musim apiyang buruk dan sangat berbahaya. Contoh kasusnya adalah kasus kebakaran Black Saturday yang menewaskan 173 orang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN