Mohon tunggu...
Bayu Christian
Bayu Christian Mohon Tunggu... Musisi dan Creative Concept

Lead Vocal and Guitarist Bunker 225 (www.bunker225.com) , Creative Concept. Classic Rock 50's - early 90's maniac

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

80's Rocker, Ketika Laki-Laki Lebih "Cantik" daripada Perempuan

14 Maret 2020   02:25 Diperbarui: 15 Maret 2020   13:38 1354 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
80's Rocker, Ketika Laki-Laki Lebih "Cantik" daripada Perempuan
Sumber: metalsucks.net

Down in the basement
Lock the cellar door
And baby
Talk dirty to me!

Penggalan lirik dari lagu "Talk Dirty to Me" milik band Poison yang tenar di era akhir 80-an saat scene musik Glam Rock/Metal atau Hair Metal lagi masa jayanya. 

Mungkin bila kalian menyukai band-band rock era 80-an pasti kalian melihat gaya dandanan mereka rame banget udah kaya pasar malam di malam kamis hehe. Tapi memang dandanan seperti itu lagi hits saat itu. 

Gaya rambut gondrong dan kribo mengembang dengan celana yang ketat, jaket kulit dan make-up an yang menor seperti emak-emak mau beli emas ke pasar menjadi ciri khas bagi rocker 80-an. 

Dandanan mereka tak terlepas dari dandanan musisi Glam Rock yang terlebih dahulu memakai dandanan yang menor dan menarik perhatian. Seperti apa sih musik Glam Rock/Glam Metal atau Hair Metal itu? 

Musik Glam Rock sendiri dipopulerkan di Inggris pada awal 70-an. Para musisi di Inggris saat itu rata-rata mengembangkan musik yang sudah ada contohnya musik Rock N' Roll dan Blues khas Amerika lalu dikembangin lagi oleh musisi-musisi di Inggris menjadi musik-musik baru yang sebenarnya tidak baru juga yaitu Blues Rock, Hard Rock dan Heavy Metal. 

Begitu juga musik Glam Rock yang dikembangkan oleh musisi-musisi Inggris. Mereka (musisi-musisi Inggris) mengembangkan musik-musik Psychedelic dan Art Rocknya Amerika sehingga tercipta musik Glam Rock di akhir era 60a-n. 

Musik Glam Rock sendiri mendapatkan kejayaan di Inggris dari tahun 1971 hingga 1975 yang mana musisi-musisi atau grup musik yang membawakan musik itu selalu lagu-lagunya berada di Billboard Inggris. Marc Bolan dari grup musik T-Rex yang dianggap sebagai musisi dan grup musik yang mempopulerkan jenis musik ini pertama kali di Inggris. 

Marc Bolan meraih kesuksesan bersama T-Rex di awal 70-an dengan musik Glam Rock. Saat itu sebagian orang mencemooh yang melihat musisi dan grup musik yang membawakan musik Glam Rock. 

Caper (Cari Perhatian) karena dandanan yang nyentrik dan Homo menjadi kata-kata yang sering menjadi ledekan untuk musisi-musisi dan band Glam Rock namun banyak juga yang menyukai musik ini karena disebut-sebut sebagai musik generasi baru. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x