Mohon tunggu...
Ahmad Bayu Asyari
Ahmad Bayu Asyari Mohon Tunggu... Pendidikan Matematika '19 UIN Walisongo Semarang

Tidak usah takut melangkah, sekali kamu takut kamu akan menyesal dikemudian hari, hilangkan rasa takutmu, kuatkan tekadmu dan lantang untuk maju ke depan

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Tiga Tips Mendapatkan Foto Berkualitas Cukup dengan Smartphone

23 Mei 2020   11:56 Diperbarui: 27 Mei 2020   08:27 14 2 0 Mohon Tunggu...

Di era sekarang ini, banyak sekali orang yang menyukai dunia fotografi terutama kaum hawa. Mereka mendamba-dambakan  memiliki foto yang sangat bagus hingga tak jarang banyak orang yang berbondong-bondong membeli kamera super canggih. Namun, tahukah kamu ?, hanya dengan menggunakan smartphone kamu bisa loh memiliki foto yang berkualitas tinggi, tidak harus menggunakan kamera yang bagus. Berikut adalah tiga tips mudah supaya menghasilkan foto dengan kualitas tinggi hanya dengan menggunakan smartphone :

1. Perhatikan Kesinkronan antara Background dan Subjeknya

Dari beberapa hasil pengamatan yang saya lakukan, tak jarang banyak sekali orang yang menyepelekan antara kesinkronan background dengan subjeknya, padahal hal tersebut sangatlah penting karena mempengaruhi hasil foto yang diambil. Jika background dengan subjek gambarnya sinkron maka foto yang dihasilkan pun akan berkualitas.

2. Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu hal pentingyang harus diperhatikan dalam dunia fotografi. Seseorang haruslah memperhatikan pencahayaan terlebih dahulu sebeum mengambil foto yang diinginkan, karena pencahayaan juga mempengaruhi hasil foto yang telah diambil tadi.

3. Gunakan Aplikasi untuk Mengedit Foto

Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit video, dengan aplikasi kalian bisa mengubah pencahayaan, saturasi, pewarnaan ataupaun yang lainnya supaya menghasilkan kualitas foto yang bagus. Disini saya merekomendasikan tiga aplikasi yang menurut saya sangatlah cocok digunakan untuk mengedit foto kalian, yaitu Adobe Lightroom CC, Piscart Pro, dan VSCO X. Disitu kalian juga bisa mengombinasikan foto yang kalian edit tersebut dengan menggunakan tiga aplikasi sekaligus, ataupun kalian juga bisa menggunakan salah satu aplikasinya saja.

Sekian yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Jadi, pelajaran yang dapat kita ambil adalah tidak semua hal haruslah mewah dan mahal, jika ada yang murah dan sederhana mengapa tidak?. Terima kasih, Wassalamu'alaikum Wr.Wb

VIDEO PILIHAN