Mohon tunggu...
Bayu Samudra
Bayu Samudra Mohon Tunggu... Freelancer - Penikmat Semesta

Secuil kisah dari pedesaan

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Artikel Utama

Alasan dan Penyesalan Tak Pasang WiFi, tapi Setia Beli Paket Data Internet

26 Juli 2021   19:28 Diperbarui: 1 Agustus 2021   07:15 4120 46 15 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Alasan dan Penyesalan Tak Pasang WiFi, tapi Setia Beli Paket Data Internet
Sebuah ruangan di dalam rumah yang dilengkapi dengan perangkat WiFi (foto dari freepik.com)

Apakah kamu pernah menyesal karena tidak pasang WiFi di rumah? Bagaimana cara kamu menyiasati kuota internet agar cukup untuk satu bulan dari pembelian paket data internet? Kira-kira lebih untung mana, pasang WiFi atau beli paket data internet untuk smartphone?

Pasang WiFi di rumah memang memberikan nilai kegunaan yang baik dan bermanfaat. Terlebih dalam situasi saat ini, pandemi, yang mana segala pekerjaan dialihkan untuk diselesaikan di rumah atau istilah kerennya, WFH (work from home). 

Jelas, kita sangat butuh akses jaringan internet agar dapat tetap terhubung dengan rekan kerja dan menyelesaikan tugas pekerjaan.

Tak hanya itu, keberadaan WiFi di rumah juga berguna bagi keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Adik saya, salah satu contohnya, sangat membutuhkan akses internet untuk mengerjakan dan mengikuti pembelajaran daring sekolahnya. 

Apakah semua pekerjaan daring tersebut, baik pekerjaan kantor yang dialihkan ke rumah dan pelaksanaan pembelajaran sekolah daring hanya dapat diselesaikan dengan memasang WiFi di rumah?

Sebenarnya tidak. Kita punya dua opsi, baik memasang WiFi di rumah atau membeli paket data internet untuk smartphone. Eh tambah lagi deh satu opsi, beli WiFi portabel yang bisa dibawa kemana-mana itu lho, apa ya namanya, MiFi kalau gak salah ya. 

Akan tetapi, kebanyakan orang percaya bahwa dalam kondisi saat ini dengan mobilitas yang dibatasi, maka pemasangan WiFi di rumah adalah solusi tepat menjawab permasalahan saat ini.

Saya akui bahwa dengan memasang WiFi di rumah, mendatangkan segala kemudahan akses internet. Kita gak bakal kehabisan kuota internet, biaya internet jadi lebih murah, dapat digunakan oleh semua anggota keluarga, dan tentunya memiliki kecepatan yang mumpuni dalam transfer data ataupun unduh data.

Tetapi, manfaat memasang WiFi tersebut gak diimbangi dengan kemudahan memasang WiFi di rumah. Lah kok bisa? Ya iya lah, kan tiap provider penyedia WiFi kadang gak bisa menjangkau domisili rumah kita. 

Misal sarana prasarana jaringan belum sampai di wilayah kita atau memang belum masuk wilayah layanan provider penyedia tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN