Mohon tunggu...
Bayu Samudra
Bayu Samudra Mohon Tunggu... Penikmat Semesta

Secuil kisah dari pedesaan

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Sate Bekicot, Menu Buka Puasa yang Tidak Biasa dan Luar Biasa Nutrisinya

26 April 2021   12:25 Diperbarui: 26 April 2021   12:25 769 38 20 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sate Bekicot, Menu Buka Puasa yang Tidak Biasa dan Luar Biasa Nutrisinya
Sate bekicot, menu buka puasa yang tidak biasa (foto dari kooliner.com)

Apa yang kamu pikirkan ketika membaca judul di atas? Yang benar saja? Emang boleh dikonsumsi? Ih, jijik ah!

Jika kamu pengen berbuka puasa dengan menu makanan yang tidak biasa? Saya punya satu rekomendasi menu buka puasa yang tidak biasa untuk kamu santap saat berbuka puasa. Bila kamu ingin merasakan sensasi berbuka puasa dengan menu yang tak biasa dan luar biasa? Saya punya satu rekomendasi menu buka puasa yang tidak biasa dan luar biasa nutrisinya.

Sate bekicot. Menu makanan buka puasa yang tidak biasa dan wajib dicoba saat berbuka puasa tiba. 

Sebagian diri kita mungkin merasa gak nyaman dengan menu makanan ini. Bukan karena rasa yang kurang asin atau kurang sedap, melainkan pandangan yang hidup dalam masyarakat. Bekicot dikenal dengan hewan yang berlendir, hidup di sawah ladang, dan geli gimana gitu. Tapi yang menjadi persoalan bukan itu, melainkan datang dari sudut pandang agama.

Tulisan ini tidak sedang membahas agama apapun dan dipastikan tidak menyinggung kelompok fanatik manapun.

Bekicot diharamkan oleh sebagian masyarakat. Alasannya karena berlendir dan menjijikkan. Ini pandangan cetek. Saya kenal bekicot udah sejak anak-anak ya, jadi bisa dibayangkan betapa dekatnya saya dengan bekicot. 

Kebetulan keluarga saya dan masyarakat sekitar saya, bekicot diperbolehkan dikonsumsi dan tentunya halal. Jadi mematahkan semua alasan yang memberatkan bekicot sebagai hewan yang haram dikonsumsi.

Dengan banyaknya pandangan masyarakat yang mengharamkannya bekicot. Padahal hanya suatu alasan menjijikkan dari satu dua orang, maka masyarakat menjauhi hewan ini dan mem-blacklist dari daftar bahan pangan. 

Oke. Saya bakal membagikan pengalaman berbuka puasa dengan menu buka puasa yang tidak biasa tersebut, sate bekicot.

Bekicot ini banyak muncul di musim penghujan. Hal ini dikarenakan kelembaban yang tinggi dan bahan makanan becikot yang melimpah. Oh ya, becikot itu makan dedaunan. Bukan serangga, maka tergolong herbivora. Bila mencari bekicot ya ke semak-semak, di sana banyak. Tapi ya gitu, agak menantang, khawatir di semak-semak ada ular. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x