Mohon tunggu...
Bayu Mahardika
Bayu Mahardika Mohon Tunggu... -

Full time human, part time Student, blogger, youtube viewer, listener, reviewer, writer

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Coldplay Angkat Kearifan Lokal India

6 Maret 2016   18:23 Diperbarui: 6 Maret 2016   18:33 313 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

[caption caption="Cuplikan, video klip Coldplay - Hymn for The Weekend https://www.youtube.com/"]Berlatar belakang suasana kota Mumbai India India yang religius, Coldplay membawa susana baru dalam video klipnya. Video klip yang disutradarai oleh Ben Mor ini merupakan salah satu klip yang unik mengangkat kehidupan religius, khususnya agama Hindu di India. Menggandeng Beyonce Knowles yang juga ikut menyumbang suara dalam lagu ini, video klip ini menceritakan perjalanan Chris Martin berkeliling India dengan beberapa gambar suasana India secara luas dan gambar-gambar khas beberapa kegiatan religi di India. 

Stereotip-stereotip dan makna-makna unik yang disampaikan dalam video klip ini menggambarkan bagaiaman agama hindu dan kebudayaan India melebur. Kemudian Beyonce Knowles yang tampil dengan baju khas India yang dimodifikasi tampil sebagai seorang aktris dalam film bioskop. Juga beberapa latar belakang festival Holi dan personel Coldplay yang bersama warga lokal ikut tertawa ceria.

Terlepas dari beberapa berita pro kontra terhadap klip ini yang menyatakan video klip ini menghina agama Hindu, justru video klip ini menampilkan suasana India dan agama Hindu khususnya untuk dapat dikenal. Juga dengan munculnya scene-scene stereotip dengan tokoh=tokoh dalam cerita Hindu video klip ini mampu mengemas kebudayaan India dengan unik dan latar musik bergenre party Anthem ini. Nuansa colorful dan ceria dalam video klip ini memang menunjukan sebuah liburan yang menyenangkan.

Single kedua dalam album The Head Full of Dreams ini memang mengankat kearifan lokal masyarakat Hindu di India. Dengan judul yang menggambarkan sebuah liburan atau akhir pekan, lagu ini bisa dibilang lumayan slow dan cenderung letoy untuk kategori lagu tentang liburan. Dengan beberapa bagian video klip yang dibuat slow motion menyesuaikan dengan irama musik, video klip Hymn for The Weekend lebih mirip video promosi wisata India atau semacam official tour. Kurang begitu membangkitkan untuk liburan yang menyenangkan.

Keseluruhan video klip ini sudah cukup baik. Mengangkat kearifan lokal India, khususnya daerah Mumbai dan video klip yang colorfull. Well done Coldplay.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hiburan Selengkapnya
Lihat Hiburan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan