Mohon tunggu...
Wisnu Satrio
Wisnu Satrio Mohon Tunggu... SMK TELKOM MALANG

Kelas XIRPL1/40

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

Ancaman dan Strategi mengatasi Pandemi Covid-19 di Indonesia

23 Januari 2021   06:28 Diperbarui: 23 Januari 2021   09:07 110 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ancaman dan Strategi mengatasi Pandemi Covid-19 di Indonesia
unsplash.com


Tak bisa dipungkiri, Pandemi Covid-19 saat ini semakin tidak terkendali. Hampir seluruh wilayah dunia telah terjangkit virus yang mematikan ini, tak terkecuali Indonesia. Di indonesia sendiri saat ini, tercatat sudah ada 952 ribu kasus positif covid dengan korban jiwa mencapai 27 ribu orang, dan jumlah ini kemungkinan masih akan terus bertambah seiring dengan belum ditemukannya obat untuk menyembuhkan penyakit covid ini.

Tidak hanya menyebabkan korban jiwa saja, pandemi Covid-19 ini juga menyebabkan ancaman dari berbagai bidang yang membahayakan kedaulatan negara, serta keselamatan segenap bangsa Indonesia.

Bidang Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, dan Pertahanan Keamanan. Itu merupakan beberapa contoh sektor yang terdampak oleh pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia.

Berikut, mari kita bahas ancaman-ancaman di berbagai sektor yang diakibatkan oleh pandemi covid-19, serta strategi untuk mengatasinya.

BIDANG POLITIK

unsplash.com
unsplash.com

Pandemi covid-19 menyebabkan pilkada serentak ditunda, yang awalnya dijadwalkan tanggal 23 september 2020 menjadi 9 desember 2020. Hal ini tentu sangat memengaruhi sistem demokrasi yang ada di Indonesia. 

Ketua KPU juga meminta penambahan anggaran kepada menteri keuangan demi menyediakan peralatan kesehatan. 

STRATEGI UNTUK MENANGANI

Menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan berpolitik. melarang adanya kampanye yang dilakukan oleh partai politik serta calon legislatif untuk mencegah kerumunan masa.

BIDANG EKONOMI

https://unsplash.com/photos/pbgYcq3_Zx0?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink
https://unsplash.com/photos/pbgYcq3_Zx0?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Kondisi pandemi membuat Indonesia memberlakukan sistem PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), masyarakat diwwajibkan untuk tetap berada di dalam rumah. Hal ini menyebabkan banyak pabrik dan industri merugi dan terpaksa harus mengurangi jumlah karyawan, akibatnya banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan menjadi pengangguran.

STRATEGI UNTUK MENANGANI

Berjualan secara online menjadi salah satu alternatif paling menjanjikan saat ini. Platform online shop di Indonesia sendiri juga saat ini semakin beragam serta sudah berkembang dengan pesat.

BIDANG SOSIAL BUDAYA

unsplash.com
unsplash.com

Saat ini hampir semua kegiatan kita dilakukan secara daring/online, mulai dari bekerja, sekolah, bahkan membeli makanan. Kita juga diwajibkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker saat ditempat umum. Hal ini tentu membuat kehidupan sosial dan budaya kita berubah. Masyarakat sekarang dituntut untuk selalu berhati-hati dan lebih kreatif untuk bisa bertahan hidup selama masa pandemi. Namun masih banyak masyarakat yang tidak mau menerima perubahan ini, mereka tidak mau mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, dan juga membahayakan orang lain.

STRATEGI UNTUK MENANGANI

Dilakukan penyuluhan tentang protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus covid-19, serta pemberian sanski kepada para pelanggar.

BIDANG PERTAHANAN  KEAMANAN

https://unsplash.com/photos/k4ryXO80LoI?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink
https://unsplash.com/photos/k4ryXO80LoI?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Kasus kriminalitas di Indonesia saat ini meningkat pesat. Hal ini dikarenakan angka pengangguran yang semakin tinggi akibat pandemi Covid-19.

STRATEGI UNTUK MENANGANI

meningkatkan keamanan di seluruh wilyah Indonesia untuk menekan angka kriminalitas, serta pemberian lapangan kerja baru bagi para pengangguran.

Hal-hal diatas merupakan beberapa contoh ancaman terhadap bangsa Indonesia selama masa pandemi Covid-19. Kita sebagai masyarakat harus selalu mematuhi protokol  kesehatan yang ada seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak agar penyebaran virus Covid-19 ini bisa dihentikan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x