Mohon tunggu...
batara tobing
batara tobing Mohon Tunggu... Akuntan - Memperluas dan berbagi wawasan

Purna bhakti ASN

Selanjutnya

Tutup

Bola

Catatan Piala Asia U23: Tiki Taka Elegan Timnas Indonesia

22 April 2024   11:58 Diperbarui: 22 April 2024   11:59 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Tim nasional sepakbola Indonesia secara mengejutkan berhasil menjungkalkan tim kuat Yordania dibabak penyisihan grup Piala Asia U23 Qatar setelah sebelumnya sukses menggulung timnas Australia 1 - 0.

Menang telak 4 - 1 atas Yordania yang membuat pengamat sepakbola dunia terperangah atas prestasi timnas Indonesia yang pada awal awalnya dipandang sebelah mata dan dianggap sebagai tim lemah diantara peserta yang bermain di turnamen Piala Asia Qatar. Tim yang selama ini selalu diragukan kemampuannya bila berhadapan dengan tim tim Timur Tengah atau Australia.

Bukan hanya berhasil masuk ke perempat final Piala Asia kali ini, para pemain timnas juga menyuguhkan permainan cantik elegan yang menyenangkan untuk ditonton.

Timnas menyuguhkan permainan permainan tiki taka apik yang butuh chemistry kuat diantara pemain dan passing yang baik.

Walaupun tim ini terdiri dari pemain dari berbagai klub dan liga di berbagai negara, namun polesan coach Shin Tae Yong berhasil memupuk kerjasama diantara pemain dan game plan yang tepat untuk berbagai lawan.

Tidak mengherankan apabila netizen mendesak agar ketua PSSI untuk segera memperpanjang kontrak coach Shin Tae Yong untuk beberapa tahun ke depan. 


Disamping menghasilan prestasi bagus timnas di piala Asia ini, juga menjadi bukti bahwa coach STY dengan policy "Potong Generasi" berhasil mengasah para pemain muda untuk regenerasi di tim nasional Indonesia. 

Policy potong generasi dilakukan dengan penampilan pemain muda di berbagai even Internasional, tidak hanya mengandalkan pemain senior. 

Walau mendapatkan suara miring dari berbagai pihak, the show must go on, kebijakan untuk menampilkan pemain muda ternyata membawa hasil memuaskan. Inilah pertama sekali tim nasional U23 Indonesia tampil di piala Asia, bahkan langsung masuk babak perempat final, luar biasa.

Perjalanan timnas U23 Indonesia ini belum berakhir, di babak perempat final selanjutnya akan bertarung melawan pemenang grup antara Jepang vs Korea Selatan. 

Salah satu dari keduanya yang bakal lawan Indonesia selanjutnya adalah grup raksasa Asia dengan prestasi negara mereka di piala Asia dan piala Dunia tentu menjadi tembok tebal yang harus dihadapi oleh timnas selanjutnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun