Mohon tunggu...
Very Barus
Very Barus Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Writer, Traveler, Photographer, Videographer, Animal Lover

Mantan jurnalis yang masih cinta dengan dunia tulis menulis. Sudah menelurkan 7 buah buku. Suka traveling dan Mendaki Gunung dan hal-hal yang berbau petualangan. Karena sejatinya hidup adalah sebuah perjalanan, maka berjalannya sejauh mana kaki melangkah. Kamu akan menemukan banyak hal yang membuat pikiran dan wawasanmu berbicara. Saya juga suka mengabadikan perjalan saya lewat visual. Anda bisa menyaksikannya di channel Youtube pribadi saya (www.youtube.com/verybarus). Saya menulis random, apa yang ingin saya tulis maka saya akan menulis. Tidak ada unsur paksaan dari pihak mana pun. Selamat membaca!

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Mendaki Gunung Ciremai Jalur Apuy, Atap Teringgi Jawa Barat

5 Agustus 2022   11:00 Diperbarui: 5 Agustus 2022   11:14 143 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(puncak Ciremai Foto dokpri)

Akhirnya misi aku untuk menggapai atap tertinggi di pulau Jawa tercapai juga. Akhir tahun 2021 lalu, Aku bersama teman-teman Mendaki gunung Semeru yang berada di Jawa Timur. Maka, Gunung Semeru dengan ketinggian 3676 Mdpl disebut sebagai Atap tertinggi Jawa Timur. Misi pertamaku pun berhasil menginjakkan kaki di atap tertinggi Jawa Timur.

Bulan Juni 2022 lalu, aku bersama teman-teman kembali mendaki Gunung. Kali ini menggapai Atap tertinggi Jawa tengah yaitu Gunung Slamet dengan ketinggian 3432 mdpl. . Jalur yang kami lalui adalah Permadi Guci. Meski tidak mudah, namun, lagi-lagi kami berhasil menggapai atap tertinggi jawa tengah.

foto dokpri
foto dokpri

Minggu lalu,  tepatnya akhir bulan Juli 2022, aku bersama teman-teman kembali mendaki Gunung. Kali ini kami melimpir ke Jawa barat. Tujuannya ingin menggapai atap Tertinggi Jawa Barat, yaitu Gunung Ciremai. Gunung Ceremai merupakan Gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3078 mdpl.  Gunung ini di kabupaten Majalengka.

Ada 5 jalur pendakian untuk menuju puncak Ciremai. Diantaranya Jalur Linggarjati, Lingasana, Patulungan dan Apuy.  Hanya jalur Apuy yang  berada di Kabupaten Majalengka, sedangkan 3 jalur lainnya berada di Kabupaten Kuningan.

Meski banyak yang bilang jalur Apuy merupakan jalur yang paling ramah bagi pendaki. Namun, bagiku semua jalur sama saja. Sama-sama melelahkan. Seperti jalur Apuy. Meski basecamp berada di ketinggian 1500 Mdpl, namun untuk menuju Pos 1 hingga puncak, medan yang dilalui sama beratnya. Sama-sama nanjak. Bonus juga sedikit. Bonus bagi pendaki adalah jalan yang dilalui tidak menanjak melainkan landai. Itulah yang disebut bonus.


Seperti apa sih perjuangan aku dan teman-teman menggapai Atap tertinggi jawa Barat? Kamu bisa menyaksikan video yang aku posting ini. Biar mendapat gambaran jika kamu ingin mendaki gunung Ciremai jalur Apuy.

 

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan