Mohon tunggu...
Barantum
Barantum Mohon Tunggu... Konsultan - Profil Bisnis

Software Developer Spesialis CRM dan Call Center berbasis Cloud, dengan visi memajukan Pertumbuhan Bisnis di Indonesia dengan memaksimalkan kinerja SDM Penjualan melalui metode pendekatan kebutuhan Pelanggan.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Catat! Ini Dia 3 Tahapan Manajemen Hubungan Pelanggan yang Wajib Kamu Tahu

28 Juni 2022   16:46 Diperbarui: 28 Juni 2022   17:02 282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Manajemen Hubungan Pelanggan (Sumber: Barantum.com)

CRM atau manajemen hubungan pelanggan merupakan strategi bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan dan menjaga hubungan baik antar pelanggan dan perusahaan.

Sudah banyak perusahaan yang menerapkan manajemen hubungan pelanggan, tapi mereka lupa bahwa dalam manajemen hubungan pelanggan juga memiliki tahapan. Sehingga mereka kehilangan titik fokus pada tujuan yang ingin mereka capai.

Apa saja tahapan dalam manajemen hubungan pelanggan ini?

Berikut ini 3 tahapan penting dalam manajemen hubungan pelanggan yang wajib kamu ketahui sebagai pebisnis, yaitu:

 1. Memperoleh Pelanggan Baru (Acquired)

Tahapan pertama dari CRM adalah mendapatkan pelanggan baru. Tujuan utama dari sebuah bisnis adalah untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Untuk itu, Anda harus memberikan layanan terbaik serta memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan mereka agar mereka dapat segera membeli produk Anda.

 2. Menambah Nilai dari Pelanggan (Enhanced)

Tahapan selanjutnya adalah dengan menambah nilai dari pelanggan. Nilai dari pelanggan atau biasa disebut  Customer Livetime Value ini adalah nilai keseluruhan pendapatan yang dapat Anda dapatkan dari pelanggan. Untuk caranya Anda bisa melakukan strategi  up-selling atau  cross-selling.

Up-selling adalah kegiatan mendorong konsumen untuk membeli produk yang lebih besar, lebih unggul, atau lebih banyak daripada produk awal yang pelanggan pilih. Sedangkan, cross-selling adalah kegiatan mendorong pelanggan untuk membeli produk berbeda yang masih berhubungan dengan produk awal yang pelanggan pilih.

 3. Mempertahankan Pelanggan (Retain)

Tahapan terakhir dari CRM adalah dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Dengan cara tetap terus memberikan pelayanan terbaik kepada mereka, tetap menjalin hubungan baik, mendengarkan saran dan masukkan dari pelanggan. Yang hal tersebut dapat Anda gunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan dan juga fitur-fitur produk Anda agar pelanggan tetap mau bertahan dan terus menggunakan produk Anda.

Setelah mengetahui tahapan dalam menjalankan manajemen hubungan pelanggan yang baik, kamu bisa fokus untuk mencapai target pada goals yang lebih relevan di perusahaanmu terlebih dahulu. Misal, untuk mendapatkan pelanggan baru sebanyak-banyaknya.

Setelah goals dari tahapan dalam manajemen hubungan pelanggan tercapai, kamu bisa melanjutkan untuk menaikkan nilai pelanggan bisnismu, dan seterusnya ke tahap untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Dengan begitu, goals perusahaan akan lebih jelas dan produktivitas perusahaan berjalan secara optimal. Jadi, apa perusahaan tempatmu bekerja sudah menerapkan strategi CRM ini?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun