Mohon tunggu...
Banyumas Maya
Banyumas Maya Mohon Tunggu... Karena Berbagi Tak Pernah Rugi, Teruslah Berkarya

Anak desa yang bersahaja mencoba Belajar Menulis Menjadi Pewarta Warga [Citizen Journalism]

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Curug Nangga, Air Terjun 7 Tingkat yang Kian Memikat

15 April 2015   07:46 Diperbarui: 10 November 2015   08:53 1611 3 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Curug Nangga, Air Terjun 7 Tingkat yang Kian Memikat
1429056251762120860

Curug Nangga merupakan obyek wisata alam di Banyumas berupa air terjun dengan 7 (tujuh) tingkat. Terletak di Desa Petahunan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Jawa Tengah.




[caption id="attachment_360833" align="aligncenter" width="500" caption="Watim Curug Nangga tingkat teratas"][/caption]

 

 

Asal-usul Curug Nangga

 

Curug Nangga sebenarnya sudah lama di ketahui oleh warga mayarakat sekitar, namun bagi mereka itu merupakan suatu hal yang biasa-biasa saja. Hingga pada awal tahun 2015 ada sekelompok pecinta alam yang mengambil gambar di lokasi curug dan menyebarkan di sosial media. Keunikan 7 tingkat itulah yang membuat penasaran warga masyarakat hingga beramai-ramai berkunjung ke lokasi curug.

 

Asal nama Curug Nangga menurut warga sekitar karena berlokasi di grumbul Curug Nangga. Nangga yang dikenal warga itu awalnya dari kata tangga. Karena warga sekitar melihat curug-curug itu seperti tangga yaitu dengan bertingkat 7, dari kata tangga itu masyarakat sekitar lebih mudah menyebutnya nangga, hehe… ilat Jawa (lidah orang Jawa).



[caption id="attachment_360835" align="aligncenter" width="500" caption="Pemandangan alam dari atas curug"]

1429056937205017488
1429056937205017488
[/caption]

Lokasi dan Sarana Transportasi

 

Untuk menuju lokasi yang indah memang tidak mudah, artinya ketika kita menginginkan sesuatu yang indah atau terbaik tentu harus melakukan perjuangan dan niat yang disertai keyakinan. Namun jangan takut dulu sobat. Infrastruktur jalan untuk menuju lokasi terus ditata agar memudahkan para pengunjung.

 

Dari pusat Kota Purwokerto ke arah barat, sampai di Ajibarang ke utara menuju arah Bumiayu. Hingga sampai di Rumah Makan Sumber Alam ke utara sedikit lalu ambil kiri ke arah Semedho. Untuk yang membawa kendaraan baik motor atau mobil untuk siap-siap menanjak. Jalan ini memang bukan satu-satunya untuk menuju Semedho namun ini yang banyak dikenal. Memasuki Desa Semedho terus ke arah barat dan ikuti petunjuk arah ke lokasi Curug Nangga. Sudah banyak papan informasi. Kalau Anda bingung tanya saja dengan warga, pasti akan dengan senang hati menunjukkan lokasi dengan penuh keramahan khas warga desa.

 

 

 

Parkir dan Tiket Sumbangan Pengembangan

 

Saat ini lokasi Curug Nangga dikelola Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Curug Nangga bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Petahunan. Untuk mobil dan kendaraan roda dua bisa sampai ke lokasi parkiran. Sedang untuk tiket sebenarnya belum diberlakukan hanya berupa sumbangan yang nantinya dikelola untuk pengembangan lokasi seperti melengkapi sarana dan memberikan kemudahan akses jalan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN