Mohon tunggu...
Muhammad Ardian Baihaki
Muhammad Ardian Baihaki Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa UTM

Membaca dengan santai

Selanjutnya

Tutup

Media

Dampak Perkembangan Media untuk Komunikasi Digital

22 September 2021   19:43 Diperbarui: 22 September 2021   19:45 41 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dampak Perkembangan Media untuk Komunikasi Digital
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Berkembangnya teknologi sangat mempengaruhi banyak hal salah satunya berpengaruh juga kepada perkembangan ilmu komunikasi, yang dimana perkembangan ini yang awalnya komunikasi bersifat langsung atau pun pesan surat sekarang mulai menjadi lebih kompleks seperti munculnya media serta aplikasi yang menyediakan sarana untuk melakukan komunikasi.

 Hadirnya media digital ini yang memberikan dampak baik maupun buruk sesuai penggunaannya yang dapat mempengaruhi kehidupan seseorang. 

Kegunaan media secara positif sangat membantu dan mempermudah sebuah komunikasi dan informasi, sehingga dampak yang di dapatkan akan sangat berdampak juga untuk orang lain bukan hanya individual. 

Yang dimana bila mana kita menggunakan secara positif dengan tutur Bahasa serta tata karma tanpa menjelekkan sebuah oknum atau orang, hal ini akan membantu diri kita membangun karakter yang baik di media virtual maupun nyata. 

Bila mana kita berkomunikasi dengan bijak kemungkinan besar seorang yang menanggapinya pun memberikan sebuah kesan yang baik, serta membantu kita mendapatkan sebuah kenalan maupun koneksi yang dimana hal itu akan sanngat membantu kita untuk kedepannya baik di virtual maupun dunia nyata, sehingga kita sepatutnya mengerti cara menggunakan media ini secara bijak..

Kemudahan dalam penyebaran informasi dan luasnya juga akan memberikan sisi negative yang cukup besar, yang dimana hal ini akan memliki dampak yang sifatnya personal, kelompok, dan public. 

Hal ini akan sangat benar benar merugikan dan hal ini sudah tampak pada masa sekarang ini yang dimana banyaknya penipuan, bullying, pemerasan, serta memfitnah saseorang, serta hoax yang meraja;a rela ini semua adalah penyakit masyarakat yang dapat merusak mental dan merusak anggapan seseorang tentang suatu hal atau fakta. 

Dengan adanya bullying di media social yang biasanya dilakukan oleh para remaja yang dimana mereka melakukannya karena untuk kesenangan belaka tentu itu akan menyakiti perasaan si korban hingga depresi, oleh karena itu khusunya para remaja dan pennyebar informasi haruslah bijak dalam menggunakan media ini agar tercipta hal hal postif dengan menghentikan tindakan tindakan yang menyakiti seseorang, berkata dengan kata kat yang sopan, serta menghilangkan hoax yang dapat merusak dan menggangu pemikirans seseorang.

Nama: Muhammad Ardian Baihaki

NIM: 200531100128

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan