Mohon tunggu...
Helmi Abu Bakar elLangkawi
Helmi Abu Bakar elLangkawi Mohon Tunggu... Penulis - Pengiat Sosial Kegamaan dan Esais di berbagai Media serta Pendidik di Lembaga Pendidikan Islam

Khairunnas Affa' linnas

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Semaraknya Peringatan Maulid Nabi di Gampong Blang dalam Pidie Jaya

7 Oktober 2022   22:47 Diperbarui: 7 Oktober 2022   22:51 130 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 PIDIE JAYA-

Memasuki malam kelahiran Nabi Muhammad Saw, tepatnya 12 Rabiul Awal, warga Gampong Blang Dalam Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya memperingati Maulid Nabi dengan menggelar tausiyah dan zikir bersama di Meunasah Gampong setempat, Jum'at, (07/10/2021/2).

dokpri
dokpri

Tgk. Rizal Arafat, S. Pd Ketua pelaksana maulid Gampong setempat mengatakan kegiatan zikir maulid dan ceramah agama diisi oleh Tgk Jamaluddin atau akrab disapa Abi Jamaluddin Meugit.

dokpri
dokpri

"Acara tersebut digelar setelah shalat Isya berjamaah di Meunasah Gampong setempat dan kegiatan tersebut merupakan tradisi dalam memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW. Dan ini selalu dilaksanakan pada setiap 12 Rabiul Awal tahun Hijriah sebagai bentuk ritual keagamaan umat Islam setiap tahun," lanjutnya.

dokpri
dokpri

Rizal menambahkan acara menyemarakkan malam kelahiran Nabi Muhammad Saw sudah menjadi agenda rutin setiap tahun sejak dulu dan Tradisi ini tidak hanya dilakukan di negeri Japakeh Pidie Jaya juga Aceh maupun Indonesia, bahkan di belahan dunia lain sejumlah negara juga melakukan hal yang sama.

Keuchik Gampong Blang Dalam Mukhtar M Ali mengatakan, acara zikir dan tausiyah maulid ini bertujuan untuk menyambut hari lahirnya baginda Rasullah SAW, dan juga membentuk karakter generasi muda generasi muda agar lebih cinta terhadap agama dan selalu mengikuti jejak Rasullah dengan mengenang hari lahir Nabi Muhammad SAW.

dokpri
dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan