Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Jawa Tengah Meraih Beberapa Penghargaan di ADWI 2021

8 Desember 2021   22:55 Diperbarui: 8 Desember 2021   23:02 71 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Jawa Tengah meraih beberapa penghargaan di Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di Jakarta (07/12/2021). Acara yang dihadapi Kemenparekraf Sandiaga Uno dan perwakilan peserta nominasi dilaksanakan secara hybrid dipandu presenter kondang Rafi Ahmad dan Ayu Dewi. Gelaran yang yang diikuti 1831 desa wisata seluruh Indonesia menampilkan tujuh kategori lomba serta 4 kategori khusus klasifikasi desa wisata dengan tema Indonesia Bangkit. 

Dok. Pribadi.
Dok. Pribadi.

Tujuh kategori tersebut antara lain Konten Kreatif, Desa Digital, Homestay, Toilet Umum, Suvenir,CHSE dan DTW. Sedangkn kategori klasifikasi desa wisata terdiri dari Deswita Rintisan, Berkembang, Maju dan Deswita Mandiri Inspiratif. Jawa Tengah meraih penghargaan di juara 5 Kategori Homestay oleh Deswita Sangiran, Sragen. Kategori Suvenir Juara 1 oleh Deswita Sumberbulu, Karanganyar, Juara 3 Deswita Cikakak, Banyumas. Kategori Deswita Rintisan, Juara 2 oleh Deswita Pandanrejo, Purworejo. Kategori Deswita Berkembang, Juara 3 oleh Deswita Karanganyar, Magelang. Kategori Deswita Maju, Juara 2 oleh Deswita Dieng Kulon, Banjarnegara dan Kategori Deswita Mandiri Inspiratif, Juara 1 oleh Deswita Candirejo, Magelang. Jawa Tengah memenangkan di 6 kategori dengan 7 kemenangan, hanya di kategori Konten Kreatif, Desa Digital, Toilet Umum, CHSEJAWA dan DTW tidak mendapatkan kemenangan. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menjelaskan, malam ini merupakan sebuah perjalanan spiritual yang memberikan keyakinan bahwa Indonesia akan bangkit, ekonomi akan pulih, dan lapangan pekerjaan akan terbuka. Tentu saja ketiga poin tersebut bisa diwujudkan dengan kemajuan desa wisata di Indonesia.

Lebih lanjut dia menambahkan, Masyarakat Indonesia sekitar50%  tinggal di desa dan 30% ekonomi ada di desa. Dengan adanya Desa Wisata akan ada perputaran yang bagus pariwisata berbasis alam dan budaya," tambahnya. 

Senada dengan pernyataan Kemenparekraf, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, Sinoeng N. Rachmadi menyambut baik kemenangan yang diraih desa wisata Jawa Tengah. Kemenangan ini bisa kembali membangkitkan kepariwisataan yang lesu akibat pandemi. Dan juga akan membangkitkan ekonomi masyarakat desa, ekonomi kreatif dan lapangan pekerjaan baru. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|) 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan