Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Catatan Perjalanan ke Desa Wisata Saung Ciburial, Garut dan Penggarit, Pemalang

1 November 2021   22:37 Diperbarui: 1 November 2021   22:48 209 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Desa wisata di tahun 2021 menjadi sebuah produk pariwisata yang paling banyak diminati. Terbukti beberapa event bertajuk desa wisata digelar untuk mencari desa wisata unggulan dari berbagai kategori. 

Karena setelah pandemi berlalu, desa wisata akan menjadi tujuan wisata yang paling banyak dicari dengan keunikan dan ciri khas yang tidak dimiliki oleh daya tarik wisata lainnya. 

Dalam sebuah kesempatan bersama Biro Perekonomian Setda Jateng, Disporapar Jateng dan Forum Komunikasi Desa Wisata (FK Deswita Jateng) melakukan perjalanan ke dua Desa wisata dengan daya tarik yang berbeda yaitu Desa Wisata Saung Ciburial, Garut, Jabar dan Desa Wisata Penggarit, Pemalang, Jateng. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Desa wisata Saung Ciburial menawarkan kehidupan masyarakat desa seperti berkebun, beternak  dan kebiasaan masyarakat menjadi daya tarik wisata. 

Domba  yang sudah dikenal masyarakat luas menjadi sajian yang istimewa dengan paket wisata yang berharga jutaan Rupiah. Belum lagi Teh Kewer minuman masyarakat setempat yang kini menjadi minuman selamat datang, begitu juga dengan permainan tradisionalnya. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Sebaliknya Desa Wisata Penggarit menjadikan tradisi dan budaya menjadi daya tariknya. Berbagai tradisi seperti sedekah bumi, pemilihan kepala desa (Boyong Kentongan), Maulid Nabi dan tradisi lokal yang tumbuh subur di desa Penggarit. 

Begitu juga dengan petilasan atau makam tokoh agama atau sesepuh menjadi pelengkap daya tarik. Makanan tradisional yang dikemas menjadi lebih menarik dan kekinian bisa dijadikan event untuk menarik wisawatan. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan