Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Festival Domba Sakub sebagai Atraksi Deswitsari, Pandansari

26 Oktober 2021   16:24 Diperbarui: 26 Oktober 2021   16:28 310 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Atraksi dan aktivitas di Desa Wisata Pandansari, Paguyangan semakin menarik dan atraktif. Desa wisata yang terletak di lereng Gunung Slamet sebagai salah satu Atap Kabupaten Brebes berhawa sejuk dan dingin. 

Atraksi seni budaya sudah tidak asing lagi dengan Ronggeng Pandansari atau Karawitan Cilik. Ditambah atraksi agrocultura bertanam dan panen sayuran serta menikmati keindahan perkebunan teh. 

Atraksi yang satu ini lain dengan yang lain yaitu atraksi domba yang dibalut dengan Festival Domba Sakub (FDS). Domba yang hidup diketinggian 1050 - 2050 mdpl mempunyai ciri daging dan bulu tebal. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Event ini bertujuan untuk melestarikan domba lokal Brebes dan memenuhi kebutuhan gizi , ketahanan pangan dan menarik minat kaum milenial untuk beternak. 

Populasi domba Sakub saat ini mencapai 168.200 yang tersebar di beberapa kecamatan seperti Songgom, Tonjong, Sirampog, Bumiayu dan Paguyangan. Dengan ukuran dan bobot yang berbeda dengan domba lainnya membuat menjadi menarik dan mempunyai ciri khas . 

Bobot untuk pejantan mencapai 70-90 kg sedangkan betina dikisaran 40-60 kg. Menurut Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Brebes, Drh. Ismi Subroto event ini untuk melengkapi event yang sudah ada seperti Lomba Domba Ekor Tipis, Domba Ekor Gemuk, Domba Dorper, Domba Merino, Domba Texel dan Domba Garut. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Festival Domba Sakub tahun 2021 diikuti 300 peserta dari 20 kelompok ternak. Jenis dan kategori lomba meliputi :

      1.  Jantan Bertanduk;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan